Buka Layanan Unit Stroke , RSUD dr.Soedomo Kini Makin Profesional Tangani Pasien Stroke

berita

13 November 2018

2318
Buka Layanan Unit Stroke , RSUD dr.Soedomo Kini Makin Profesional Tangani Pasien Stroke

Dengan diresmikannya layanan unit stroke di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Soedomo oleh Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak, M.Sc, kini masyarakat Trenggalek semakin mudah memperoleh pelayanan kesehatan khususnya untuk penanganan pasien stroke.  Peresmian layanan unit stroke ini dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018, Senin (12/11).

Unit stroke yang baru diresmikan ini adalah unit perawatan khusus pasien stroke yang akan memberikan perawatan yang paripurna dengan keunggulan kecepatan pelayanan, kelengkapan fasilitas dan petugas yang terlatih guna meminimalkan kecacatan akibat stroke.  Perencanaan perawatan dilakukan sejak pasien masuk sampai pulang disusun bersama oleh tim multidisiplin yang dipimpin oleh seorang dokter spesialis syaraf.

Beberapa fasilitas yang siap melayani kebutuhan pasien stroke telah dirancang dan disiapkan sedemikian rupa sehingga pasien yang masuk bisa tertangani dengan cepat.  Kamar tidur pasien, ruang gymnasium, musik terapi relaksasi, ruang family meeting adalah beberapa contoh fasilitas yang sudah ada dan dipersiapkan khusus bagi pasien yang membutuhkan perawatan medis.

Disamping itu juga terdapat program pelayanan keunggulan di unit stroke ini berupa pelayanan komprehensif dari semua profesi, kecepatan pelayanan, mobilisasi dini di ruang gymnasium.  Tak hanya itu dari sisi SDM  juga telah dipersiapkan sejumlah tenaga profesional diantaranya dokter spesialis syaraf, perawat mahir stroke, fisioterapis, terapis wicara, dan ahli gizi dietizen.

Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak, M.Sc usai meresmikan unit pelayanan baru ini menuturkan dari data pasien yang masuk, kurang lebih 20 persen diantaranya adalah pasien yang berkaitan dengan stroke dan hipertensi.  Suami dari Arumi Bachsin ini juga menuturkan kelengkapan berbagai fasilitas dan layanan yang ada di unit stroke ini semata-mata untuk menjawab kebutuhan pasien stroke yang memang memerlukan penanganan secara khusus dan cepat.

"Dengan datang kesini saya tadi ngecek ada pasien 2 mereka kondisinya tertangani dengan sangat baik," ungkapnya.

"Kita melihat profesionalisme dan spesialisasi makin meningkat di stroke unit ini dan ini akan memberi semangat diseluruh RSUD Soedomo untuk menjadi makin profesional di segala bidang yang kita jalani," sambung Bapak dua anak ini.

"Harapan saya unit stroke ini bisa menjadi penanganan yang sangat baik untuk pasien stroke, bisa juga bekerjasama dengan puskesmas untuk mensosialisasikan agar keluarga-keluarga bisa lebih  tanggap terhadap potensi-potensi stroke," pungkasnya. Diskominfo