Desa Pandean Durenan Wakili Trenggalek Dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi

berita

26 July 2018

1684
Desa Pandean Durenan Wakili Trenggalek Dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi

Sebagai peraih desa terbaik pada lomba Desa Tingkat Kabupaten tahun ini, Desa Pandean Kecamatan Durenan berhak mewakili Kabupaten Trenggalek pada lomba Desa Tingkat Provinsi tahun 2018. Desa Pandean terpilih tak lepas dari tahapan seleksi dari tim penilai Kabupaten yang terselenggara pada bulan April lalu.

 

Plt. Sekda Trenggalek Drs. Kusprigianto, M.M menyambut langsung kedatangan ketua tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Jawa Timur Ir. Heru Suseno, M.T beserta rombongan diiringi dengan arak-arakan berserta tarian khas Trenggalek. Rabu, (25/07).

 

Pada kesempatan ini masyarakat juga sangat antusias turut menyaksikan pasalnya disela-sela acara tersaji pagelaran seni tarian jaranan serta pasar UMKM dari berbagai macam produk-produk unggulan desa sehingga kemeriahan terasa saat rombongan tim penilai Provinsi datang.

 

Lomba desa pada dasarnya merupakan evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan agar desa cepat berkembang, maju mandiri dan mampu mensejahterakan masyarakat.

 

Salah satu keunggulan desa Pandean sehingga layak meraih predikat terbaik pada lomba desa tingkat kabupaten adalah pada bidang pemerintahan desa, dimana desa Pandean merupakan salah satu desa yang penggunaan dana desanya dipergunakan untuk pemberdayaan masyarakat seperti pada kegiatan peningkatkan kualitas SDM yakni dengan menggratiskan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

 

Tak hanya itu, kepala desa Pandean Farid Abdullah menjadi satu-satunya kepala desa di Indonesia yang di undang UNICEF sebagai narasumber tentang penggunaan dana desa yang diperuntukan untuk peningkatan kualitas SDM. Ini merupakan hal yang membanggakan bagi masyarakat setempat, Pemerintah Desa terlebih khusus bagi Kabupaten Trenggalek.

 

Dalam sambutan Bupati Trenggalek yang dibacakan oleh Plt. Sekda Drs. Kusprigianto, M.M menaruh harapan kepada desa Pandean yang mewakili Kabupaten Trenggalek dalam lomba Desa tahun ini dapat meraih predikat terbaik ditingkat Provinsi Jawa Timur.

 

"Kami memiliki harapan, kiranya seluruh anggota tim sependapat penilaian yang telah dilakukan pemerintah kabupaten Trenggalek atas keberhasilan capaian kinerja desa Pandean sebagai juara tingkat Kabupaten Trenggalek sehingga tidaklah berlebihan apabila kami berharap desa Pandean mendapatkan predikat terbaik dalam lomba penilaian lomba desa ditingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2018". tuturnya Diskominfo Trenggalek