JURNALIS WARGA, WADAH BAGI WARGA TRENGGALEK IKUT PANTAU PEMBANGUNAN

berita

22 June 2017

1884
JURNALIS WARGA, WADAH BAGI WARGA TRENGGALEK IKUT PANTAU PEMBANGUNAN

Penghimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) berkerjasama dengan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan) menyelenggarakan Diskusi Publik sekaligus Launching Program Jurnalis Warga (JW) di Aula Balai Benih Ikan Trenggalek, Rabu (21/6).

Acara yang disiarkan langsung dari salah satu stasiun televisi swasta Jawa Timur ini menghadirkan orang nomor satu di Trenggalek yakni Bupati Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Koodinator KOMPAK Trenggalek Bovi Vila Supriyanto dan Koordinator Jurnalis Warga Trenggalek dari PPMN Jakarta Agus Hariyanto, S.Pd serta perwakilan pelaku Jurnalis Warga dari Kecamatan Pule dan Kecamatan Dongko. Komunitas Jurnalis Warga ini sudah dibentuk di 4 (empat) desa dan 2 (dua) diantaranya dari Kabupaten Trenggalek  yakni Desa Jombok dari Kecamatan Pule dan Desa Dongko dari Kecamatan Dongko.

 

Dalam penyampainya agus mengharap kehadiran jurnalis warga ini PPMN bisa melatih masyarakat terutama masyarakat yang pada dasarnya bukan seorang jurnalistik. “Kehadiran Jurnalis warga kita harapkan PPMN bisa melatih masyarakat meskipun dia bukan seorang jurnalis tetapi PPMN berharap dengan mendampingi mereka akan kita berikan apa itu jurnalistik, apa itu kode etik jurnalistik, bagaimana caranya munuliskan dokumen yang baik, bagaimana menyampaikan memberikan data atau fakta yang ada dilapangan", ujarnya.

“Dan kita harapkan PPMN dengan adanya Jurnalis Warga ini, bagaimana agar memberikan masukan informasi kepada masyarakat agar lebih bijak menggunakan media. Kalau sekian kali posting satu kali klik ada ribuan orang yang lihat, apabila informasinya tidak terkelola dengan baik ini akan menjadi berita hoak bisa menyebar berita palsu”, imbuhnya

 

Pada kesempatan yang sama Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak mendukung program jurnalis warga tersebut. “Kita menyambut baik program – program yang memang bisa membawa manfaat untuk masyrakat, jadi tidak ada istilah atau kebanyakan program selama ini bermanfaat bagi masyarakat kita benar – benar mendorong. Harapannya saat ini  bahwa makin banyak pakar-pakar yang terjun langsung untuk membantu dan mengakserelasi masalah-masalah yang ada di Kabupaten Trenggalek", ujarnya.

 

Dengan adanya jurnalis warga ini secara tidak langsung dapat membantu menyambung informasi dan sebagai alat kontrol kegiatan pemerintah sehingga dari informasi tersebut kebijakan pemerintah setempat dapat menjadikan masyarakat Trenggalek lebih sejahtera. Diskominfo Trenggalek