Masuki Batch 7, Bupati Nur Arifin Berharap Pengusaha Perempuan Hebat Mampu Dorong UMKM Trenggalek Semakin Tangguh

berita

14 October 2021

21
Masuki Batch 7, Bupati Nur Arifin Berharap Pengusaha Perempuan Hebat Mampu Dorong UMKM Trenggalek Semakin Tangguh

Pelatihan bussiness bootcamp 5000 pengusaha perempuan hebat Trenggalek telah memasuki batch ke-7. 100 orang peserta muda yang rata-rata berusia dibawah 40 tahun dilatih selama 3 hari oleh Female Preneur untuk dibentuk menjadi pengusaha perempuan yang tangguh, Selasa (12/10/2021).

Membuka pelatihan kali ini di Gedung Bhawarasa, Bupati Nur Arifin menuturkan "Jadi kita tetap terus bergerak sampai nanti akhir tahun kita target 5000 pengusaha perempuan, mohon doa restu dan hari ini diselenggarakan batch ke 7," tuturnya.

"Jadi semoga UMKM khususnya perempuan ini nanti lebih tangguh lebih kuat seperti yang kita cita-citakan," imbuhnya melengkapi.

Bupati muda ini juga mengatakan, berdasarkan survey GDP rata-rata mayoritas prosentase hampir 70-80 disumbang dari pendapatan laki-laki. Padahal dari segi demografi jumlah laki-laki dan perempuan Indonesia hampir sama.

Artinya kalau 50 persen laki-laki bisa menyumbang GDP ekonomi sampai 80 maka diharapkan 50 persen perempuan sisanya juga berpotensi menyumbang 20 persen.

Hal ini juga ditambah apabila perempuan terlibat didalam ekonomi keluarga, menurut survey akan berkorelasi secara positif terhadap sumberdaya manusia. Karena mayoritas perempuan yang memiliki pendapatan akan di investasikan kembali kepada anggota keluarganya di rumah.

Termasuk diantaranya pendidikan serta pemenuhan gizi kepada anak-anak sehingga harapanya standar kesehatan dan standar pendidikan yang berimplikasi kepada peningkatan kualitas sumberdaya manusia dapat terdongkrak secara signifikan.

Oleh karena itu dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki, Bupati Nur Arifin ingin menyentuh ekonomi perempuan maka diharapkan perempuan yang sukses tersebut akan menghasilkan anak yang sehat, cerdas, dan membawa gelombang kesuksesan dimasa yang akan datang.

Kendati demikian bukan berarti peran perempuan bersaing dengan peran laki-laki. Akan tetapi dengan kesetaraan dan penguatan peran perempuan dianggap juga berpotensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui jalur UMKM.

Untuk itu dengan seluk beluk pengetahuan usaha yang diberikan melalui pelatihan 5000 pengusaha perempuan ini, diharapkan perekonomian dan upaya peningkatan sumberdaya manusia bisa berjalan secara efektif dan maksimal. Diskominfo Trenggalek