Pemkab Trenggalek Gelar Musrenbang Kabupaten Susun RKPD 2020

berita

22 March 2019

1766
Pemkab Trenggalek Gelar Musrenbang Kabupaten Susun RKPD 2020

Susun RKPD Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar Musyawarah Rencana Pembangunan di Hall Majapahit Hotel Hayam Wuruk Trenggalek, Kamis (21/3). Mengusung tema “Sinergitas pembangunan pariwisata dan implementasi e-Government dalam rangka peningkatan daya saing daerah dan pelayanan publik”, Musrenbang kali ini berbeda dengan Musrenbang tingkat Kabupaten yang pernah digelar sebelumnya. Pasalnya pada perhelatan kali ini sebelumnya diawali dengan Musrena Keren yang menampung masukan dari perempuan, anak, dan kelompok rentan.

Musrenbang Kabupaten Trenggalek 2019 juga turut dihadiri oleh Plt.Bupati Trenggalek H.Moch Nur Arifin, Ketua DPRD Trenggalek, Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Perwakilan Setda Provinsi Jawa Timur, Kepala Desa, dan tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Sebelum Musrenbang dimulai, seluruh tamu undangan disuguhkan sebuah tarian istimewa dibawakan oleh pelajar putri dari Sanggar Tari SMAN 1 Karangan. Lalu Musrenbang dilanjutkan dengan penganugerahan Pangripta Jwalita Pratama, Penghargaan Pangripta Jwalita Pratama Tahun 2019 yakni penilaian terhadap setiap kecamatan yang berhasil menyusun dokumen rencana pembangunan secara baik, terukur, juga dapat diimplementasikan guna mewujudkan dokumen perencanaan secara lebih baik. Kecamatan Bendungan kembali menyabet juara I setelah kecamatan ini menyabet juara serupa setahun silam.

"Yang berbeda tentunya tahapan musrenbang kali ini diawali dengan Musyawarah Perempuan Anak Disabilitas Dan Kelompok Rentan, jadi itu yang membedakan dari tahun yang lalu. Kemudian yang berbeda lagi dari sisi tema, kalua yang pertama kita masuk menjabat kita fokus di pertanian (on farm) artinya diproduksi pertanian, kemudian kita fokus di daya saing. Harapannya produksi hilirnya sekarang kita fokus di percepatan pelayanan marketplace nya dan segala macam sekarang kita fokus di e-gov dan pariwisatanya. Kalau ada destinasi yang baik, lebih baik dikelola sama teman-teman desa wisata,pokdarwis, pokdarling, yang seperti itu," terang Plt.Bupati kepada tim Kominfo saat konfirmasi berlangsung.

Sementara itu mengenai fokus pembangunan di Tahun 2020, Plt.Bupati menegaskan Pemkab Trenggalek akan terus mengawal proyek strategis nasional yang berada di wilayah Kabupaten Trenggalek.

"Yang jelas kita pengawalan di proyek strategis nasional itu dulu yang pertama, kita sukseskan itu seperti pembangunan bendungan yang ada di Tugu diselesaikan kemudian di Kecamatan Bendungan itu Bendungan Bagong," tutur Plt.Bupati.

"Di tahun 2020 mungkin kita akan fokus di Taman Kecamatan. Karena ingin jadi Kabupaten Inklusif kita ingin semua kecamatan nanti ada taman terus kedua kita dorong UPT pelayanan seperti Dukcapil dan lain-lain itu kita maksimalkan di tahun 2020," imbuhnya.

Disamping itu kampanye "Diet Plastik" yang terus gencar dilakukan oleh Plt.Bupati Trenggalek di lingkungan Pemkab Trenggalek juga mengisi rangkaian acara pembukaan Musrenbang. Video berisi kunjungan Menteri Kelautan yang sedang bersama-sama membersihkan pantai di Trenggalek memukau penonton, lewat video tersebut Plt.Bupati mengharapkan seluruh masyarakat Trenggalek bisa benar-benar mencintai laut dengan tetap menjaga kebersihan maupun kelestarian ekosistem didalamnya.

"Terkait diet plastik akan ditindak lanjuti dengan Perbup, dasarnya kita sudah ada Perda pengelolaan sampah di dasar nanti, sementara ini masih berupa sosialisasi softshelling beberapa acara juga sudah diet plastik saya sendiri juga sudah bawa minum sendiri," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek