Percepat Capaian Vaksinasi, Bupati Nur Arifin Berangkatkan Relawan Peduli Vaksin Untuk Kelompok Disabilitas, Nelayan dan Petani

covid-19

14 October 2021

44
Percepat Capaian Vaksinasi, Bupati Nur Arifin Berangkatkan Relawan Peduli Vaksin Untuk Kelompok Disabilitas, Nelayan dan Petani

Di halaman Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berangkatkan relawan vaksinasi untuk kelompok disabilitas, nelayan, dan petani, Kamis (14/10/2021).

Guna mendorong akselerasi capaian vaksinasi di Trenggalek, relawan ini melibatkan berbagai unsur dari PKH, PMII, ANSOR, BANSER, dan beberapa unsur lain.

Setelah diberangkatkan kedepan mereka akan bertugas membantu Pemerintah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penting dan amannya vaksinasi sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap resiko terpapar covid-19.

Bupati Nur Arifin mengapresiasi relawan ini sebagai upaya kemanusiaan dalam mendorong capaian vaksinasi di Kabupaten Trenggalek.

Mengingat secara umum apabila dilihat dari assesment Kementerian Kesehatan Kabupaten Trenggalek masuk kedalam kategori PPKM level 1 yang berarti aman atau dapat diterapkan new normal.

Akan tetapi jika berdasarkan Inmendagri, Trenggalek masih masuk kedalam kategori PPKM level 3 karena didalamnya terdapat indikator capaian vaksinasi. Jika capaian vaksinasi belum 50 persen, maka masuk kedalam kategori level 3.

"Maka sekarang agar masyarakat kita ekonominya segera bangkit segera pulih, bisa segera beraktifitas, salah satunya memang kita harus dorong vaksinasi," tutur Bupati.

Pemimpin muda ini melanjutkan, "problemnya adalag stok vaksinnya terus kita upayakan dari berbagai pihak. Hari ini kurang lebih ada sekitar 11 ribu sampai 12 dosis vaksin yang di suntikkan perhari," sambungnya.

Untuk itu Bupati berpesan tugas relawan ini untuk segera merapat ke Muspika dan puskesmas untuk menawarkan apabila ada disabilitas, kelompok rentan, nelayan, petani yang perlu dijemput untuk bisa mengedukasi itu sebagai cita-cita dari terbentuknya kerelawanan ini.

"Jadi saya terimakasih, ini bottom up tidak diminta tapi anda dengan dasar bahwa kemanusiaan, ini adalah ibadah kita bersama menyelamatkan seluruh sektor. Tidak hanya memulihkan kesehatan tapi juga memulihkan ekonomi, kondisi sosial, dan semuanya," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek