Kunjungan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur Terkait Satu Data Indonesia

berita

22 August 2024

3221
Kunjungan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur Terkait Satu Data Indonesia

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek menerima kunjungan kerja dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur terkait Satu Data Indonesia (SDI), kunjungan kerja ini diterima oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Mudiono, S.Sos. di Ruang Kerja Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek.

Dalam kunjungan kali ini Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur menyampaikan terkait tentang Portal Satu Data yang dimiliki oleh masing - masing Kabupaten/Kota yang akan menjadi salah satu indikator pada penilaian Satu Data Jawa Timur (SATA JATIM) Award 2024. Sebelumnya pada Tahun 2022 Penilaian SATA JATIM Award hanya untuk Perangkat Daerah lingkup Provinsi Jawa Timur saja, namun mulai Tahun 2023 kemarin, SATA JATIM Award sudah mencakup penilaian untuk Perangkat Daerah lingkup Pemprov Jatim dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Dan di Tahun 2024 kali ini sama seperti tahun kemarin, penilaian SATA JATIM Award juga mencakup penilaian untuk Perangkat Daerah lingkup Pemprov Jatim dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

 


Dengan skema penilaian, dari 38 Kabupaten/Kota akan diseleksi dalam beberapa tahapan untuk sampai ke 10 Besar. Nantinya 10 Besar ini akan melakukan presentasi di Surabaya dan hasilnya untuk 5 Terbaik akan diundang pada saat penyelenggaraan Jatim Digital Festival sekaligus penyampaian pemenang Terbaik.

Selain itu juga disinggung tentang pembahasan Kesepakatan Daftar Data dan Standar Pelayanan Minimal Kementerian PANRB bagi Produsen Data Jawa Timur, Periode Data yang harus dituangkan dalam Berita Acara, Koordinasi dan Konsolidasi Walidata Jatim yang sedianya dilakukan secara Tahunan adakan dilaksanakan tiap Semester atau bahkan Triwulan, menyesuaikan kebutuhan. Hal ini dilaksanakan agar progres monitoring dan evaluasi dapat dengan cepat dan tepat waktu dilaporkan ke Sekretaris Daerah dan sebagai bukti review bagi Kabupaten/Kota juga.

 


Terakhir, pada kesempatan ini Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek mengisi Form Survey guna Persiapan Pelaksanaan Forum Walidata Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 ini. Dengan adanya survey awal ini, diharapkan nanti materi yang disampaikan pada pelaksanaan Forum Walidata Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 mendatang, benar - benar bisa mengakomodir aspirasi dan kebutuhan dari Pemerintah Kabupaten/Kota. Diskominfo Trenggalek