AKSES DATA KEPEGAWAIAN TIAP PNS KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA
Informasi data kepegawaian
di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek terus berkembang dari waktu ke
waktu. Perkembangan ini memang menjadi keharusan karena sifat sebuah data
sangat dinamis setiap waktunya, dan ini berarti dibutuhkan sebuah sistem khusus
yang bisa menampung dan merangkum perubahan tersebut secara cepat, tepat dan
mudah digunakan. Presiden Republik Indonesia bapak Jokowi pernah mengungkapkan
“data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita, kini data lebih berharga dari
minyakâ€.
Aplikasi sistem informasi
manajemen kepegawaian personal (SIMPEG-P) adalah aplikasi daring yang
digunakan di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk menjawab kebutuhan
tersebut. Dalam aplikasi ini ada 7(tujuh) riwayat kepegawaian yang dapat di
akses , yaitu :riwayat pangkat, riwayat jabatan, riwayat pendidikan,
riwayat hukuman disiplin, riwayat kedudukan hukum riwayat assessment dan
riwayat tugas/ijin belajar. Perubahan data untuk riwayat-riwayat tersebut dapat
diusulkan kepada Badan Kepegawaian Trenggalek (BKD) Trenggalek dengan
melampirkan scan file pendukung melalui aplikasi SIDALAYAK (Sistem Daring
Layanan Kepegawaian).
Dalam Aplikasi SIMPEG-P
sendiri terdapat beberapa fitur pendukung , diantaranya :
1. Data Kepegawaian
2. Dokumen tata naskah kepegawaian berupa file pdf digital
3. Data progress atas usulan yang diajukan melalui Aplikasi SIDALAYAK
4. Unduh dokumen hasil usulan
5. dan fitur usulan peremajaan data
Sebagai sebuah
aplikasi, SIMPEG-P dituntut untuk mudah digunakan, dan ini memang telah
dipenuhi dimana untuk akses loginnya dengan mudah dilakukan melalui
: https://bkdtrenggalek.net dengan menggunakan
usename dan password , dimana untuk kali pertama login maka username
menggunakan NIP baru, dengan passwordnya adalah NIK (Nomer Induk Kependudukan)
masing-masing. Sumber