Bangun Konektifitas Laut Selatan Jawa, Trenggalek dikunjungi Pemkab Cilacap untuk Survey Potensi Muatan Laut

berita

19 October 2018

1678
Bangun Konektifitas Laut Selatan Jawa, Trenggalek dikunjungi Pemkab Cilacap untuk Survey Potensi Muatan Laut

Kabupaten Trenggalek yang kini tengah mengembangkan pelabuhan niaga sebagai proyeksi poros maritim di pesisir selatan Jawa dikunjungi rombongan tim dari Pemkab Cilacap. Kunjungan ini adalah suatu bentuk kerjasama dalam upaya membangun konektifitas Tol Laut di kawasan selatan Pulau Jawa, Kamis (18/10). Kedatangan Ketua tim rombongan dari Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo, SH, M.Si selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap langsung mendapatkan sambutan hangat dari Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak, M.Sc di ruang Paringgitan Pendhapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek.

Bupati Trenggalek sangat mengapresiasi niat baik Cilacap untuk melihat langsung lokasi pembangunan pelabuhan dan berbagi ilmu mengenai konektifitas laut dengan Trenggalek. Menurut Bupati Emil, saat ini Kabupaten Cilacap adalah satu-satunya daerah yang memiliki pelabuhan niaga di selatan Jawa, disaat yang sama Trenggalek juga tengah membangun sebuah pelabuhan niaga kawasan Prigi. 

Potensi yang luar biasa manakala Cilacap bisa terkoneksi dengan Trenggalek melalui jalur selatan Jawa. Kesamaan kontur geografis dan kondisi alam yang sama antara Trenggalek dan Cilacap menjadikan pengembangan Tol Laut Selatan untuk tranksaksi dari dua daerah ini semakin terwujud di depan mata. Adanya Tol laut ini membuat angkutan barang diyakini akan jauh lebih efisien serta efektif karena bisa mengangkut barang dengan jumlah lebih banyak dan biaya yang lebih rendah.

Mendapatkan kunjungan istimewa ini, Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak, M.Sc menuturkan kunjungan Pemkab Cilacap dapat membuka potensi besar perdagangan lewat Tol Laut Selatan. "Satu sifatnya teknis, dua sifatnya persahabatan karena pelayaran selatan jawa ini terwujud juga karena kerjasama yang luar biasa dengan Pak Bupati Cilacap yang benar-benar juga all out dan memang Cilacap ini paling layak dijadikan rute pangkalan pelabuhan perintis," ungkap Bupati. Diskominfo Trenggalek