BAWASLU KABUPATEN TRENGGALEK DEKLARASIKAN PEMILU 2019 "KALAH TERHORMAT MENANG BERMARTABAT"

berita

24 September 2018

1913
BAWASLU KABUPATEN TRENGGALEK DEKLARASIKAN PEMILU 2019

Badan Pengawas Pemlihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Trenggalek dan seluruh peserta Pemilu 2019, juga calon legislatif yang telah di daftarkan deklarasikan prinsip kalah terhormat menang bermartabat. Pendeklarasian ini berlangsung di Alun-alun Kabupaten Trenggalek yang diawali dengan rangkaian kegiatan senam Awas, Minggu (24/9). Deklarasi tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Ketua Bawaslu Trenggalek Ahmad Rohan jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek, dan beberapa pimpinan partai politik yang ada di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Pemilu bukan hanya tentang bagaimana tentang menang dan kalah, tetapi pemilu adalah bagaimana kita mengatur strategi bagaimana mental peserta pemilu tertata dengan baik dalam rangka mencapai tujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Tentu semua itu harus didasari dengan aturan yang ada, baik oleh jajaran penyelenggara, peserta, maupun oleh masyarakat yang nantinya menjadi pemilih. 
Sehingga kalah terhormat, menang bermartabat diharapkan bisa dijadikan komitmen bersama bagaimana menjaga sportifitas dalam kompetisi pesta demokrasi ini. Dewasa dalam berdemokrasi adalah hal mutlak yang ingin dicapai pasca deklarasi ini dilakukan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak, M.Sc saat memberikan sambutan pada deklarasi ini berlangsung. "Semua ini seharusnya kita niatkan sebagai sebuah pengabdian untuk menjalankan sistem demokrasi yang susah payah kita perjuangkan dulu oleh para pendahulu kita," ungkap Bupati Trenggalek.

Trenggalek sebagai daerah pesisir selatan Jawa Timur dari dulu sudah terkenal dengan budaya guyub rukun yang dimiliki masyarakatnya. Bupati Trenggalek turut berpesan jangan sampai kerukunan yang sudah ada di cederai dengan proses demokrasi yang tidak disikapi dengan dewasa dan sportif. Ia juga menaruh harapan besar kepada Bawaslu dan KPU bisa bersinergi dengan baik demi mewujudkan Pemilu 2019 di Kabupaten Trenggalek bisa berjalan lancar dan damai. Diskominfo Trenggalek