BAZNAS TRENGGALEK BERIKAN PENGHARGAAN BAGI UNIT PENGUMPUL ZAKAT TERBAIK DI TAHUN 2020

prestasi

23 December 2020

35
BAZNAS TRENGGALEK BERIKAN PENGHARGAAN BAGI UNIT PENGUMPUL ZAKAT TERBAIK DI TAHUN 2020

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Trenggalek berikan penghargaan (award) kepada Unit Pengumpul Zakat terbaik Tahun 2020. Diserahkan langsung oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Baznas Award 2020 diberikan kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) terbaik dalam membangkitkan semangat para muzaki melalui UPZ, Senin (22/12/2020).

 

Terdapat beberapa satuan dan OPD yang mendapatkan penghargaan dari Baznas Trenggalek, diantaranya meliputi Sekretariat Daerah, Kecamatan Munjungan, Puskesmas Baruharjo, Korwil Dikpora Watulimo, SMPN 1 Watulimo, Kantor Kemenag, UPZ Desa Karangturi dan Ngulungkulon.

 

Ketua Banzas Trenggalek, H.Mahsun Ismail, S.Ag, MM melaporkan selama Tahun 2020 penerimaan zakat melalui Baznas Trenggalek mencapai 5 Milyar lebih.

 

Zakat tersebut disalurkan untuk bantuan bagi fakir miskin, bedah rumah, bantuan BPJS kesehatan, akomodasi pasien dan penunggu pasien, bantuan penyandang disabilitas, dan bantuan Program Trenggalek Makmur. "Hari ini kita distribusikan gerobak kemudian alat untuk difabel, beberapa bantuan lain yang berkaitan peningkatan ekonomi," jelas Ketua Baznas Mahsun Ismail.

 

Mahsun Ismail turut menambahkan bahwa berdasarkan laporan audit terakhir, Baznas Kabupaten Trenggalek memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian. Sementara itu di kesempatan yang sama, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dalam arahannya mengucapkan rasa syukur bahwa zakat bisa menjadi instrumen besar yang berkontribusi merubah wajah Trenggalek menjadi lebih baik.

 

Bupati muda ini menyebut zakat juga memberikan manfaat begitu besar dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi setiap muslim yang notabene diwajibkan membayar zakat sebesar 2,5 persen. "Semoga semakin berkah, besok semakin tambah dan manfaatnya semakin bisa dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Trenggalek," tutur Bupati Nur Arifin. Diskominfo Trenggalek