BERENCANA LAKUKAN PENGEMBANGAN, RSUD DR.SOEDOMO LAKSANAKAN UJI STUDI AMDAL

berita

26 March 2018

1713
BERENCANA LAKUKAN PENGEMBANGAN, RSUD DR.SOEDOMO LAKSANAKAN UJI STUDI AMDAL

RSUD Dr.Soedomo Trenggalek gelar rapat sosialisasi dan konsultasi publik mengkaji Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) terkait rencana pengembangan RSUD Dr.Soedomo yang kini tengah bersiap dari rumah sakit tipe C menjadi rumah sakit tipe B, Senin (26/3).

Dipimpin oleh Asisten I Sekda, Sugeng Widodo dan Direktur RSUD Dr.Soedomo dr.Saeroni, MMRS, rapat ini juga dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas PKPLH Ir.Agung Sudjatmiko, M.Si dan juga menghadirkan narasumber dari Universitas Brawijaya Malang.

Persiapan RSUD dr.Soedomo yang akan naik tingkat dari semula tipe C menjadi tipe B terus dilakukan dengan berbagai langkah pembangunan sarana dan prasarana yang ada, hal itu semata-mata dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah untuk menyediakan sarana kesehatan yang merata dan optimal serta berkelanjutan. Tentunya pembangunan sarpras yang dilaksanakan harus selaras dengan peraturan, kondisi dan juga memperhatikan potensi dampak lingkungan yang ada termasuk memperhatikan hasil Amdal yang akan dikaji. Sehingga kedepannya usai pembangunan tersebut dilakukan potensi permasalahan dapat diminimalisir sesedikit mungkin.

Rencananya RSUD dr.Soedomo akan memperluas sayap pelayanannya dengan melakukan pembangunan, yang diantaranya penambahan luas lahan dari 22.800 m2 menjadi 33.500 m2. Selain penambahan luas lahan juga akan dilakukan penambahan kapasitas tempat tidur dari 257 unit menjadi 525 unit, penambahan 1 unit incenerator, dan juga penambahan 1 unit pengelolaan limbah cair.

Asisten I Sekda Trenggalek, Sugeng Widodo, SH mengharapkan dengan pembangunan rumah sakit ini, dapat menjadikan magnet bagi masyarakat Trenggalek yang ketika sakit supaya lebih memilih berobat di Trenggalek bukan justru berobat di daerah lain.

"Dengan pengembangan rumah sakit ini diharapkan akan menghasilkan multiple efek bagi masyarakat, baik dari sisi perekonomian dan sisi lain juga bagi masyarakat Trenggalek pada umumnya," tutur Asisten I.

Sementara itu senada dengan Asisten I, Direktur RSUD Trenggalek juga mengatakan bahwa rencana pembangunan sarana dan prasarana RSUD Trenggalek bermaksud memperluas akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Tujuan kita membangun fasilitas kesehatan khususnya di Trenggalek ini adalah dalam rangka memenuhi akses dan kualitas pelayanan kesehatan. Kalau saya boleh mengartikan akses artinya setiap masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan dapat di layani RSUD dr.Soedomo," ungkapnya. Diskominfo Trenggalek