Berkomitmen Kuat Dukung Program Kampung Iklim, Bupati Nur Arifin Terima Penghargaan dari Kementerian LHK RI

prestasi

03 November 2022

57
Berkomitmen Kuat Dukung Program Kampung Iklim, Bupati Nur Arifin Terima Penghargaan dari Kementerian LHK RI

Dianggap berperan aktif dalam pembinaan dan penguatan program Kampung Iklim di daerahnya, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meraih penghargaan Pembina Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya kepada Bupati Nur Arifin dalam Puncak Festival Iklim di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Di Kabupaten Trenggalek sendiri, program Kampung Iklim tahun ini menyasar 9 Dusun yang tersebar pada 4 Kecamatan. Menerima penghargaan tersebut, Bupati Nur Arifin menyebut penghargaan ini ditujukan untuk seluruh masyarakat Trenggalek.

 


 

"Ini penghargaan buat seluruh masyarakat Trenggalek khususnya Desa-Desa yang selama ini sudah aktif berpartisipasi melalui gelaran Adipura Desa," tuturnya.

"Nah Adipura Desa ini yang kemudian memunculkan Desa-Desa Proklim sehingga kemudian saya dinilai menjadi Pembina Proklim," sambungnya.

Lebih lanjut, Mas Ipin menegaskan, "Tapi meskipun begitu kita masih punya PR, karena ternyata perubahan iklim nyata. Kita tidak pernah membayangkan seperti yang terjadi akhir-akhir ini di Trenggalek curah hujan lebih tinggi daripada rekor yang pernah tercatat di tahun-tahun yang sebelumnya," tegasnya.

 


 

Jadi, ungkap Pemimpin muda ini, "kita yang memprediksi bahwa oh daya tampung daya dukung lingkungan kita ternyata cukup, ternyata pada masa-masa tertentu cuaca ekstrem itu bisa datang," ungkapnya.

Untuk itu Bupati Nur Arifin berharap penghargaan ini dapat memperkuat komitmen untuk mewujudkan Trenggalek yang lebih aman, lebih nyaman, dan Trenggalek yang lebih hijau dan berkelanjutan.

"Serta tentunya ini jadi pondasi awal, apalagi Bu menteri menyampaikan bahwa permen dan juga Perpres terkait nilai ekonomi karbon sudah ditetapkan ketika kita menjaga lingkungan itu bisa dimungkinkan bisa dikonversi nilai ekonomi," tutupnya. (Kominfo Trenggalek)