BERSAMA FORKOPIMDA, SEKRETARIS DAERAH KAB. TRENGGALEK TERJUN LANGSUNG MEMBERIKAN HIMBAUAN KEPADA MASYARAKAT TERKAIT DENGAN SOCIAL DISTANCING PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS CORONA

berita

24 March 2020

1739
BERSAMA FORKOPIMDA, SEKRETARIS DAERAH KAB. TRENGGALEK TERJUN LANGSUNG MEMBERIKAN HIMBAUAN KEPADA MASYARAKAT TERKAIT DENGAN SOCIAL DISTANCING PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS CORONA

Bersama Forkopimda, Sekretaris Daerah Trenggalek Ir.Joko Irianto, M.Si dengan tim gabungan dari Pemkab Trenggalek, Polres Trenggalek, dan Kodim 0806 terjun langsung memberikan himbauan kepada masyarakat terkait dengan social distancing pencegahan penyebaran virus corona, Senin (24/3). Sebelum berangkat tim gabungan diapelkan di Mapolres Trenggalek yang selanjutnya bergerak menuju titik-titik lokasi dimana masyarakat masih melakukan aktifitas berkumpul.

Di beberapa lokasi seperti cafe dan tempat terbuka lainnya masyarakat yang masih berkumpul diberikan himbauan untuk tetap di rumah ditengah kondisi wabah seperti ini. Selain itu disaat yang sama juga dilaksanakan penyemprotan disinfektan sebagai langkah antisipatif penyebaran virus corona.
Sekda Trenggalek menuturkan dari Pemkab Trenggalek kegiatan ini merujuk dari kebijakan pemerintah pusat yang sudah menerapkan kondisi darurat terkait pencegahan penyebaran virus corona. Mengingat kondisi darurat ini artinya himbauan tentang social distancing akan diberlkukan secara lebih tegas, masyarakat diminta benar-benar menjauhi segala aktifitas yang bersifat pengumpulan masa seperti kumpul-kumpul. Terlebih Pemkab Trenggalek sudah menerbitkan surat edaran terkait pencegahan penyebaran virus corona yang didalamnya mengajak masyarakat untuk menjauhi kerumunan atau keramaian masa. "Jadi kita mau rujuk dari kebijakan nasional bahwa nasional sudah mulai menerapkan darurat. Jadi artinya dalam darurat ini kita sudah tidak bisa bersantai bahwa kemarin masih dihimbau, tapi kita sekarang sudah mulai keras untuk supaya mewajibkan orang-orang tetap di rumah," tutur Sekda Joko Irianto.

Menurut Sekda, bekerja dari rumah dan mengurangi interaksi sosial akan sangat efektif untuk mencegah resiko penyebaran virus ini.
Sementara itu disaat yang sama, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Forkopimda menindaklanjuti terkait dengan kebijakan Pemerintah dan juga dengan adanya maklumat Kapolri terkait dengan tempat-tempat kumpul masa.
"Jadi malam hari ini pendekatan himbauan melakukan ada terkait dengan menyampaikan agar masyarakat warga Trenggalek silahkan kembali ke rumah dan biarkan kami yang bekerja," jelas Kapolres Trenggalek.

Dijelaskan olehnya ada 25 lokasi yang di berikan himbauan. Pada umumnya untuk dilakukannya tahap preemtif dan preventif sudah dilakukan dan nampak membuahkan hasil. Hal ini dikarenakan masa yang masih berkumpul atau melakukan aktifitas secara beramai-ramai tidak terlalu banyak.
"Namun demikian tetap masih ada warga yang masih kumpul, beberapa kerabatnya dan kita sudah lakukan hinbauan untuk kembali pulang ke rumah dan semuanya berjalan dengan sangat baik," pungkasnya. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)