Bupari Nur Arifin Ajak Semangat Kepemudaan Untuk Sambut Puncak Bonus Demografi 2030

berita

25 February 2022

294
Bupari Nur Arifin Ajak Semangat Kepemudaan Untuk Sambut Puncak Bonus Demografi 2030

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yanng sekaligus Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Timur, mengajak semangat para pemuda untuk bersatu dan gotong royong menyambut bonus demografi 2030.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Mas Ipin ini saat melantik dan mengukuhkan jajaran kepengurusan baru DPD KNPI Kota Madiun di Gedung Diklat Pemerintah Kota Madiun, Rabu (23/2/2022).

Sebagaimana diketahui, puncak bonus demografi Indonesia diperkirakan akan berlangsung pada tahun 2030 mendatang. Dimana dengan kondisi tersebut, penduduk produktif akan mendominasi rata-rata penduduk di Indonesia.

Hal ini tentu menarik perhatian oleh Suami Novita Hardini tersebut. Menurutnya pemuda harus memiliki andil dalam menyambut potensi besar penguatan berbagai sektor utamanya ekonomi yang bisa dimanfaatkan pada momen puncak bonus demografi.

Untuk itu, pemimpin yang aktif dalam kepemudaan ini mengajak seluruh pemuda utamanya di Jawa Timur untuk mendorong semangat persatuan gotong royong dalam menyambut momentum di tahun 2030 kedepan.

Disampaikan olehmya, Jawa Timur menjadi posisi unik ketika setiap orang membahas bonus demografi, katanya 2030 kita mencapai puncak bonus demografi.

"Tapi tahukah kamu, bahwa Jawa Timur puncak demografinya itu tahun 2019 lalu. Artinya di Jawa Timur sudah terjadi bonus demografi, usia produktif yang lebih," ungkapnya.

"Jadi ketika kita ingin tahu apakah Indonesia itu sukses ketika era bonus demografi ketika puncak 2030, itu tidak usah jauh-jauh, lihat hari ini di Jawa Timur," sambungnya.

Lebih lanjut, Bupati Nur Arifin mengatakan bonus demografi memiliki potensi besar untuk penguatan di berbagai sektor. Khususnya di sektor ekonomi, indeks pembangunan manusia, kesehatan, dan pendidikan.

"Jadi teman teman sekalian, ayo bangun semangat kepemudaan, semangat persatuan, semangat gotong royong, semangat kerakyatan untuk menyambut momentum tersebut," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek