Bupati Nur Arifin dan Wakil Bupati Syah Dilantik Menjadi KaMabicab dan KakWarcab Gerakan Pamuka Trenggalek

berita

27 January 2022

2575
Bupati Nur Arifin dan Wakil Bupati Syah Dilantik Menjadi KaMabicab dan KakWarcab Gerakan Pamuka Trenggalek

Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek miliki susunan kepengurusan baru untuk periode 2021-2026.  Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yang sebelumnya menjabat KaKwarcab, dalam kepengurusan barunya kini menjabat sebagai Kamabicab (Ketua Majelis Pembimbing) Gerakan Pramuka Trenggalek.

Sementara Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara dilantik menjadi KaKwarcab Gerakan Pramuka Trenggalek.  Sedangkan untuk Ketua Harian masih diemban oleh mantan Wakil Bupati Trenggalek, Machsun Ismail.

Seluruh kepengurusan baru ini dilantik langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Arum Sabil di Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Rabu (26/1/2022).  Selain kepengurusan diatas, Arum Sabil juga melantik Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Trenggalek.

Dengan kepengurusan baru ini, diharapkan Gerakan Pramuka Trenggalek mampu bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkan Pramuka, menjadi satu tonggak pergerakan untuk kemaslahatan, kebaikan, dan kemajuan bagi Kabupaten Trenggalek.

Dalam sambutannya selepas dilantik menjadi Kamabicab, Bupati Nur Arifin menuturkan Gerakan Pramuka Trenggalek akan terus bergerak memberikan sumbangsihnya bagi Kabupaten Trenggalek.

Terlebih dimasa pandemi, Bupati muda ini menyampaikan terimakasih kepada seluruh Gerakan Pramuka di Trenggalek yang terus berperan aktif mendorong kegiatan yang tidak hanya bersifat sosial.

Akan tetapi juga membantu Pemerintah dalam rangka upaya percepatan vaksinasi,  juga promosi kesehatan melalui protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penyebaran covid-19 di tengah masyarakat.

"Bahkan dalam pandemi pun kita tidak berhenti.  Ketika covid parah-parahnya, pramuka datang dengan tangan terbuka tidak bertanya ada SK nya atau tidak.  Tapi justru bertanya saya bisa bantu apa?, tepuk tangan untuk pramuka," ungkapnya.

Suami Novita Hardini ini berharap, "semoga pramuka terus jaya, karena ini adalah bagian keluarga besar dari republik, pramuka bisa diandalkan kapanpun,"harapnya.

Maka, lanjutnya "Kita siap bersama TNI-POLRI, bersinergi untuk menjaga kondusifitas, kerukunan, harmoni dan siap bersatu padu untuk menghadapi segala tantangan di Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur dan Republik Indonesia," sambungnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, KaKwarda Gerakan Pramuka Jatim, Arum Sabil mengatakan optimis denga  tokoh-tokoh penggerak pramuka di Trenggalek mampu membawa Kwartir Cabang menjadi semakin maju dan lebih baik.

Gerakan Pramuka menurutnya memiliki tujuan mulia, sehingga harus dikelola dengan baik dan profesional serta melibatkan semua pihak untuk menghantarkan kaum muda menjadi generasi yang lebih baik.

Arum Sabil mengatakan, selama lima tahun kedepan Gerakan Pramuka Jawa Timur akan fokus membangun peran aktif jiwa usaha peserta didik dalam membangun ketahanan pangan nasional.

Untuk itu, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se Jawa Timur akan diajak ikut ambil bagian dalam membangun pramuka produktif di bidang pertanian dan perkebunan.

"Saya selalu mewanti-wanti untuk menghidupkan Pramuka yang produktif," ajaknya.

Menurutnya, Pramuka yang identik dengan tali-temali, perkemahan, keterampilan tetap harus dilakukan.  Tapi didalamnya bisa di isi dengan kegiatan-kegiatan yang produktif terkait dengan persoalan pangan dan energi.

"Pramuka harus mengambil peran, kami yakin Trenggalek ini akan menjadi garda terdepan dan percontohan untuk kegiatan pramuka produktif," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek