Bupati Nur Arifin Dukung Hilirisasi Pengolahan Porang Di Trenggalek

inovasi

26 August 2021

768
Bupati Nur Arifin Dukung Hilirisasi Pengolahan Porang Di Trenggalek

Mengikuti Focus Group Discussion (FGD) komoditi porang di Smart Center, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyampaikan dukungannya terhadap hilirisasi pengolahan porang di Kabupaten Trenggalek, Selasa (24/8/2021).

Bupati Nur Arifin mengatakan, dalam perkembangannya Trenggalek sebagai daerah di selatan Jawa Timur memiliki potensi komoditas tanaman porang yang cukup besar. Akan tetapi saat ini pengelolaan porang yang ada masih dari sisi sektor hulu.

Untuk mewujudkan hilirasi pengolahan porang tersebut di Kabupaten Trenggalek, Bupati muda ini mengatakan Trenggalek memiliki program lelang investasi. Melalui program ini diharapkan para investor mau mengelola komoditas porang langsung di Kabupaten Trenggalek demi meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan bagi petani dan masyarakat sekitar.

"Ini harapannya bukan hanya sekedar investasi masuk, tetapi juga mengungkit serapan porang yang ada di petani, memastikan harga, kemudian juga meningkatkan nilai tambah," tutur Bupati Nur Arifin.

Lebih lanjut, untuk mendukung hal tersebut pria yang akrab disapa Mas Ipin ini menyebut kedepan Trenggalek juga akan ditopang infrastruktur yang memperkuat akses distribusi komoditas di kawasan selatan Jawa Timur.

Seperti bandar udara di Kediri yang terkoneksi langsung dengan tol yang rencananya sampai ke perbatasan Tulungagung dan Trenggalek. Serta pelabuhan barang dan Jalur Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan poros Yogyakarta hingga ke Kabupaten Malang.

"Sehingga dimungkinkan sekali ke depan infrastruktur ini akan sangat cukup bagus dan memberikan satu sisi advantage value untuk bisnis yang berkembang di sini," ungkapnya.

Sementara itu dari sisi pengairan, Pemerintah juga tengah menyiapkan Bendungan Tugu dan Bendungan Bagong yang cukup untuk mengairi 80 persen sawah baru dan ladang baru disamping fungsinya sebagai sumber air dan penahan bencana.

"Kalau bencana bisa dimitigasi, sumber air kita ada insyaallah agro industri dan agrobisnis di Trenggalek dan daerah sekitatnya ini bisa maju," tegasnya. Diskominfo Trenggalek