Bupati Trenggalek Sampaikan LKPJ 2023 : Indikator Membaik dan Target Tercapai

berita

05 April 2024

235
Bupati Trenggalek Sampaikan LKPJ 2023 : Indikator Membaik dan Target Tercapai

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun APBD 2023 kepada DPRD Kabupaten Trenggalek dalam rapat paripurna, Kamis (21/3/2024).

Mas Ipin menyebut, secara umum Indikator Kinerja Utama (IKU) di Tahun 2023 mengalami perbaikan serta tercapainya target-target yang telah ditentukan. Untuk tingkat pengangguran terbuka, juga didapat kinerja signifikan karena terjadi penurunan dari sebelumnya 5,4% di 2022 menjadi hanya sekitar 4% di 2023.

Sedangkan terkait kemiskinan ekstrem, Trenggalek termasuk salah satu dari 9 kabupaten di Jawa Timur yang berhasil menekan angka kemiskinan ekstrem hingga 0% sebagaimana arahan Presiden.


Disisi lain, untuk capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Trenggalek berhasil mencatatkan senilai 267 Milyar. Mas Ipin menyebut jajarannya terus berupaya mendorong PAD di Kabupaten Trenggalek kedepan hingga bisa mencapai 300 Milyar.

Selain penyampaian LKPJ, rapat paripurna tersebut juga menyepakati rancangan peraturan daerah tentang Hari Jadi Trenggalek menjadi Perda sebagai payung hukum kepastian anggaran tentang pelaksanaan hari jadi yang digelar setiap tahun. DIskominfo Trenggalek