Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Urusan Persandian Pemerintah Daerah Tahun 2023

berita

14 March 2024

225
Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Urusan Persandian Pemerintah Daerah Tahun 2023

Rabu, 6 Maret 2024, bertempat di Gedung Smart Center Lingkup Pendopo Kabupaten Trenggalek, Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek menerima kunjungan kerja dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur.

Kedatangan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur ke Kabupaten Trenggalek kali ini dalam rangka melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Urusan Persandian Kabupaten/Kota se-Jawa Timur sekaligus melakukan verifikasi laporan hasil pelaksanaan Urusan Persandian Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023 di Kabupaten Trenggalek.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah pelaksanaan pengelolaan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) di Kabupaten Trenggalek.
 


 

Dalam kunjungannya kali ini Taufiq Ramadhany, S.T., Manggala Informatika dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa pengelolaan CSIRT di Kabupaten Trenggalek sudah cukup baik dan hasil dari verifikasi laporan pelaksanaan Urusan Persandian Pemerintah Daerah Tahun 2023 di lapangan juga menunjukan kinerja CSIRT di Kabupaten Trenggalek sudah didukung dengan adanya pelaksanaan assessment mandiri, hanya perlu ditingkatkan dalam kuantitas dan kualitas SDM CSIRT nya.

Karena itu kedepannya Dinas Kominfo Provinsi Jatim akan berencana mengadakan Bimtek guna peningkatan SDM bagi CSIRT Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.
 


 

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Dwi Yuni Hartati, S.Sos pada kesempatan ini menambahkan bahwa dalam pengelolaan CSIRT ini kita memang harus saling kerjasama dan kolaborasi antar bidang agar tercapai tujuan bersama yaitu menjaga dan memantau keamanan Sistem Informasi yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Dan tentu saja dukungan dari Provinsi Jawa Timur khususnya dari Dinas Kominfo sangat dibutuhkan, salah satunya dengan adanya rencana integrasi Dashboard Monitoring yang dimiliki Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur.

Hal ini tentunya memberikan kemampuan untuk bisa lebih maksimal dalam melakukan pengelolaan dan monitoring Sistem Informasi yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Diskominfo Trenggalek