BUPATI TRENGGALEK SERAHKAN BANTUAN SOSIAL KEPADA WARGA DESA GADOR DAN SUMBEREJO DURENAN

berita

22 September 2020

2440
BUPATI TRENGGALEK SERAHKAN BANTUAN SOSIAL KEPADA WARGA DESA GADOR DAN SUMBEREJO DURENAN

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyerahkan bantuan kepada warga Desa Gador dan Sumberejo Kecamatan Durenan. Bantuan yang diserahkan berupa paket sembako dan merupakan program bantuan sosial penguatan dari Dinsos PPPA, Jumat (18/9/2020).

Program bantuan sosial ini diterimakan kepada penerima manfaat fakir miskin dan yatim piatu demi membantu memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari.

"Hari ini kita meninjau bersama Dinas Sosial beberapa warga masyarakat yang layak untuk mendapatkan bansos yang penguatan dari Program Dinas Sosial," tutur Bupati Arifin.

Selain memastikan ketepatan sasaran bansos bersama Kepala Desa, Bupati juga menjelaskan beberapa penerima diantaranya ada yang dalam kondisi sakit, usia lanjut, dan sebatang kara dengan pekerjaan membuat batu-bata yang memang layak diberikan bantuan.

"Jadi kita mengecek langsung ke lapangan sambil berdiskusi dengan kepala desa dan perangkat mengecek ketepatan sasaran bansos di Desa Gador dan Sumberejo," jelasnya.

Disisi lain, Bupati juga menyebut masih ada beberapa masyarakat yang memang layak menerima bantuan namun terkendala dengan dokumen kependudukan. Mengingat saat ini seluruh bantuan sosial dari Pemerintah mengacu dari data NIK.

Untuk itu, Bupati Nur Arifin akan menindaklanjuti dengan segera menginstruksikan kepada jajaranya di Dinas Dukcapil, untuk mendata dan melakukan perekaman dengan layanan jemput bola pada lokasi tersebut.

"Ya paling penting dulu sehingga nanti updating data, tadi karena ada petugas administrasi desa yang sudah berdiskusi dengan kami sehingga nanti agar semua warga yang membutuhkan ini teregistrasi," jelas Bupati.

"Karena kita semua tahu semua bantuan ini berbasis NIK tapi kita juga tahu bahwa pengupdate an NIK ini juga butuh waktu. Makanya sekarang apalagi dimasa pandemi, mungkin pelayanan di kantor Dukcapil belum seperti semula normal tapi nanti kita lebih galakan jemput bola," imbuhnya melengkapi.

Sementara itu, Kepala Dinsos PPPA Kabupaten Trenggalek, dr.Ratna Sulistyowati menyebut penyerahan bantuan ini merupakan agenda tahunan dari Dinsos PPPA.

Jika sebelumnya bantuan paket sembako seperti ini diserahkan pada saat Safari Ramadhan, namun dikarenakan ada pandemi bantuan diberikan dengan langsung mendatangi sasaran.

"Untuk di Sumberejo hari ini ada 47, terus nanti Gador nanti juga 47. Total di Kabupaten Trenggalek ada 675 paket sembako," terang Kepala Dinsos. Diskominfo Trenggalek