Forkopinda Trenggalek Ikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021

berita

01 June 2021

1830
Forkopinda Trenggalek Ikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021

Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara bersama jajaran Forkopimda mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual dari Gedung Smart Center Trenggalek, Selasa (1/6/2021).

Dari Istana Negara Bogor, upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir.Joko Widodo. Dalam amanatnya Presiden menuturkan momentum Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

"Meskipun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri. Namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan," tuturnya.

Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi.

Ideologi trans nasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan strategi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi landskap kontestasi ideologi.
.
Revolusi industri 4.0 telah menyediakan kemudahan dalam berdialog, berinteraksi, dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

Ketika konektifitas 5G melanda dunia, maka interaksi antar dunia juga semakin mudah dan cepat. Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideolog trans nasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, kalangan, usia, tanpa mengenal lokasi dan waktu.

Kecepatan ekspansi ideologi trans nasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan distrupsi teknologi ini.

Menghadapi semua ini pendalaman nilai pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara biasa. Diperlukan cara baru luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0.

Sekaligus pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke- Indonesiaan.

"Saya mengajak seluruh aparat Pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasu muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu dan bergerak aktif memperkokoh nilai Pancasila dalan mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan," ajak Presiden RI.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila, dalam berbangsa dan bernegara," tegas Presiden Joko Widodo. Diskominfo Trenggalek