Forkopinda Trengggalek Ikuti Upacara VIrtual Peringatan Hari Bayangkara ke-75

berita

02 July 2021

1742
Forkopinda Trengggalek Ikuti Upacara VIrtual Peringatan Hari Bayangkara ke-75

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Trenggalek mengikuti upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-75 secara virtual dari ruang Rupatama Mapolres Trenggalek, Kamis (1/7/2021). Presiden RI, Ir.Joko Widodo memimpin langsung Peringatan Hari Bhayangkara ke 75 ini yang terpusat dari Istana Negara.

Presiden Jokowi dalam amanatnya menyampaikan apresiasi atas kerja keras jajaran Polri dalam membantu Pemerintah menangani pandemi covid-19 saat ini. Disamping menjalankan tugas utamanya, jajaran Polri telah bersinergi dengan jajaran TNI, dokter, tenaga kesehatan, Kementerian, lembaga, Pemerintah Daerah dalam menangani dampak pandemi.

Presiden juga meminta kepada jajaran Polri untuk terus aktif mendukung pelaksanaan kebijakan Pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19. "Sekali lagi saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya," ungkap Presiden.

Ditengah keseriusan Polri terlibat aktif dalam penanganan pandemi covid-19, Presiden Jokowi berpesaan Polri tidak boleh lengah dalam menjalankan tugas pokoknya utamanya menjaga keamanan, ketertiban, dan penegakan hukum. "Polri jangan pernah lengah dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya," tegas Presiden.

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, bentuk-bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat bangsa dan negara juga semakin kompleks.

Untuk itu Polri harus berpacu menguasai Iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan. Penggunaan kewenangan Polri juga harus didukung dengan perkembangan teknologi mutakhir.

Namun kewenangan melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan, penyitaan dan seterusnya harus dilakukan secara bijak, bertanggungjawab mengingat Indonesia merupakan negara demokrasi yang menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Polri bukan hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu, tapi juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Termasuk harus berwajah ramah dan bersifat melayani masyarakat luas.

"Polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, dan harus menjunjung tinggi norma-norma martabat masyarakat," kata Presiden.

"Selamat bertugas dan teruslah memberikan pengabdian terbaik kepada rakyat, bangsa, dan negara," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek