GELAR REMBUG PERANCANGAN RKPD, TRENGGALEK RENCANAKAN 4 PRIORITAS PEMBANGUNAN 2019

berita

12 February 2018

1933
GELAR REMBUG PERANCANGAN RKPD, TRENGGALEK RENCANAKAN 4 PRIORITAS PEMBANGUNAN 2019

 Pemkab Trenggalek gelar Rembug Akbar guna menyusun rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) di tahun 2019 mendatang. Berbagai instansi pemerintahan baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), maupun Kepala Desa diundang untuk hadir di Pendhapa Manggala Praja Nugraha guna menyampaikan masukan-masukan terkait penyusunan RKPD tahun 2019, Senin (5/2).

RKPD adalah penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), oleh karena itu konsep RKPD sendiri tidak bisa lepas dari RPJMD. Maka manakala di RPJMD terdapat target untuk mewujudkan segitiga pembangunan, setiap lini sektor yang ada harus didukung dengan sinergitas yang kuat antar instansi sehingga arah pembangunan tidak meleset dari tema pembangunan tahun 2019 yang sebelumnya telah ditetapkan.

Pada rencana pembangunan Kabupaten Trenggalek di tahun 2019 mendatang, Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak, M.Sc mengatakan pada RKPD 2019 terdapat 4 prioritas pembangunan yang akan difokuskan ditahun 2019 nanti. 4 prioritas yang dimaksud adalah infrastruktur, pelayanan berbasis teknologi informasi, penanggulangan kemiskinan, dan ekonomi kerakyatan.

Prioritas yang pertama adalah pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur yang sinergis, berkualitas berkelanjutan dan tahan bencana. Trenggalek akan meningkatkan alokasi anggaran bagi pembangunan infrastruktur yang lebih tahan bencana. Pasalnya sebagai daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang cukup tinggi, Trenggalek kini membutuhkan sarana infrastruktur yang tahan terhadap bencana guna memastikan roda aktifitas perekonomian masyarakat tetap berjalan meskipun sedang terjadi bencana.

Prioritas yang kedua adalah peningkatan pelayanan publik berbasis teknologi informasi. Bupati Trenggalek meyakini dengan adanya E-Goverment yang didalamnya memuat 4 pelayanan pemerintahan berbasis teknologi informasi akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari pemerintah daerah.

Sedangkan prioritas yang ketiga adalah percepatan upaya penanggulangan kemiskinan berbasis gotong royong. Kemiskinan yang memiliki kompleksitas tinggi tidak dapat hanya ditanggulangi oleh satu pihak saja, namun harus mendapatkan perhatian dan kerjasama yang kuat dari berbagai pihak. Program Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan (GERTAK) adalah program terobosan yang dimiliki Pemkab Trenggalek untuk menanggulangi permasalahan kemiskinan yang ada di Trenggalek, Bupati menegaskan program ini kedepan akan diperkuat lagi dengan meningkatkan sinergitas dari berbagai pihak sehingga penanganan kemiskinan yang cepat dan akurat akan terwujud.

Prioritas pembangunan lainnya adalah peningkatan ekonomi kerakyatan yang berkelanjutan dengan berbasis potensi lokal. Pada kesempatan ini Bupati mengatakan akan memperkuat lagi program Trenggalek Gemilang di tahun 2019, Bupati juga mengakui keberadaan program Trenggalek Gemilang bisa menjadi wadah bagi produk-produk unggulan Trenggalek untuk bisa melebarkan sayapnya menuju pangsa pasar yang lebih besar lagi. Diskominfo Trenggalek