DATANGI TRENGGALEK, KETUA MPR RI SAMPAIKAN EMPAT PILAR KEBANGSAAN

berita

12 February 2018

1792
DATANGI TRENGGALEK, KETUA MPR RI SAMPAIKAN EMPAT PILAR KEBANGSAAN

Usai menuntaskan agenda kunjungan kerjanya di Kediri, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr. (HC). Zulkifli Hasan, S.E., M.M. melanjutkan kunjungannya ke Kabupaten Trenggalek.  Maksud kedatangan Ketua MPR-RI kelahiran Panengahan Lampung Selatan, ini untuk menyampaikan pentingnya 4 pilar kebangsaan di Kabupaten Trenggalek, Selasa (6/2).

Jabat tangan hangat dari Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak, M.Sc menyambut kedatangan Ketua MPR-RI begitu tiba di Pendhapa Manggala Praja Nugraha Trenggalek. Tibanya Zulkifli Hasan yang memangku jabatan sebagai Ketua MPR-RI periode 2014-2019 di Pendhapa juga mendapat sambutan hangat dari beberapa pengurus salah satu organisasi keagamaan yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Zulkifli dalam sambutannya menegaskan bahwa berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak bisa lepas dari empat pilar kebangsaan. Ke empat pilar yang dimaksud adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar Tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR,
Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Empat pilar itulah yang menjadikan terbentuknya negeri ini berdiri kokoh dengan identitas bangsa yang kuat sebagai bangsa Indonesia. Dirinya juga mengatakan bahwa NKRI bisa diartikan dalam hal yang sederhana, dimana konsep NKRI melindungi dan menjunjung tinggi hak sebagai sesama warga Indonesia.

"NKRI itu sederhananya, saya itu dari Lampung tinggal di Jakarta.  Hak saya sama dengan orang Jakarta. Tapi sebaliknya di Lampung ada juga orang Trenggalek, haknya sama dengan orang Lampung" ungkapnya.
Bingkai NKRI itulah yang ditegaskan oleh Zulkifli Hasan agar menjadi pemersatu didalam berbagai kompleksitas pembangunan di Indonesia.

Sementara itu Bupati Trenggalek juga memberikan sambutan positif terhadap digelarnya sosialisasi empat pilar di Trenggalek. Dihadapan tamu undangan Bupati juga menyampaikan Trenggalek tetap dan sejalan dengan prinsip 4 pilar yang ditanamkan di Indonesia. Bupati juga mengapresiasi terciptanya situasi yang kondusif dan aman di Trenggalek juga merupakan bentuk konkrit dari implementasi 4 pilar kebangsaan.

"Ini adalah bagian dari kami Pemerintah untuk mewujudkan nilai-nilai tersebut. Sehingga InsyaAllah kami berharap tidak ada ujaran-ujaran dari orang Trenggalek karena InsyaAllah orang Trenggalek sudah mengamalkan nilai kebhinekaan tersebut," terang Bupati menambahkan. Diskominfo Trenggalek