Genangan Air Mulai Surut, Penanganan Banjir Hari Kedua Fokus Pemulihan dan Pembersihan Material

berita

25 October 2022

436
Genangan Air Mulai Surut, Penanganan Banjir Hari Kedua Fokus Pemulihan dan Pembersihan Material

Genangan air akibat banjir pada hari kedua di Kabupaten Trenggalek terpantau mulai surut di beberapa wilayah. Memastikan warganya mendapatkan penanganan dengan baik, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meninjau lokasi didampingi Sekretaris Daerah bersama jajaran terkait, Rabu (19/10/2022).

Termasuk diantaranya potensi aliran air dari sisi barat Trenggalek di Bendungan Tugu, hingga keberadaan dapur umum utama di Dinas Sosial untuk menjamin ketersediaan makanan bagi warga yang terdampak.

 


 

Saat dikonfirmasi, Bupati Nur Arifin menuturkan, "rata-rata genangan sudah surut hanya beberapa desa di Kecamatan Durenan yang masih tergenang. Kita terus pantau curah hujan per hari ini tadi di kawasan kota terpantau hujan tapi tadi kita ke daerah Bendungan Tugu," tutur Bupati Trenggalek.

Kemudian, sambung pria yang akrab disapa Mas Ipin ini, "kita cek juga di daerah Kecamatan Bendungan dan beberapa tempat yang lain semoga tidak ada curah hujan yang terlalu tinggi," sambungnya.

 


Dihari kedua penanganan banjir ini, Bupati Nur Arifin menyebut penanganan akan difokuskan kepada pembersihan dan pemulihan. Kendati demikian, warga juga diminta tetap mewaspadai apabila hujan deras kembali terjadi selepas air surut.

"Sekarang kita fokusnya yang ke pemulihan dan juga pemenuhan logistik warga karena warga pasti masih sibuk dengan pembersihan material," tegasnya.

Lebih lanjut, "Jadi ini tadi kita ke dapur umum utama untuk menghitung kalau warga terdampak itu sekitar 7900 an sekian hampir 8000, kalau makan 3 kali itu 24.000 paket makanan," jelas Bupati.

 


 

"Maka saya minta hitung tadi semua dapur umum itu bisa menyediakan berapa, nah kekurangannya harapannya nanti bisa dicukupi dari komunitas, bisa dari sumber-sumber yang lain yang bisa cepat dirasakan oleh masyarakat,"pungkasnya. (Kominfo Trenggalek)