HARI WAYANG NASIONAL 2019, 8 DALANG GABUNGAN TAMPIL BARENG DI PENTAS SPEKTAKULER WAYANG KULIT TRENGGALEK

berita

08 November 2019

2583
HARI WAYANG NASIONAL 2019, 8 DALANG GABUNGAN TAMPIL BARENG DI PENTAS SPEKTAKULER WAYANG KULIT TRENGGALEK

Hari Wayang Nasional Tahun 2019 diperingati Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan menggelar Pentas Spektakuler Wayang Kulit semalam suntuk di halaman Stadion Menak Sopal Trenggalek. Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, pagelaran wayang kali ini dikemas berbeda dan lebih meriah, pasalnya Pentas Spektakuler Wayang Kulit kali ini dimeriahkan dengan gabungan 8 dalang lokal, 42 sinden, 2 set gamelan, serta 2 grup pengrawit, Kamis (7/11). Usai membuka pentas wayang kulit yang ditandai dengan penyerahan wayang kulit oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin kepada 8 dalang, Bupati mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih terselenggaranya pagelaran wayang kulit kali ini sebagai upaya pelestarian budaya salah satunya lewat kebudayaan jawa wayang kulit. "Saya ucapkan terimakasih kepada yang sudah nguri-nguri budaya, saya doakan rezekinya lancar, yang mau menyaksikan ya dilancarkan hajatnya oleh Allah SWT, diberikan selamat dunia akhiratnya, " tuturnya.


Sementara itu di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Drs. Sunyoto menyebut pagelaran wayang ini merupakan upaya Pemkab Trenggalek untuk membangkitkan kembali minat terhadap wayang khususnya di kalangan anak muda.

 

Selain itu Sunyoto mengatakan, apresiasi dari Bupati untuk hadir pada pagelaran kali ini membangkitkan semangat para pelaku kesenian dan budaya wayangan. Dirinya menyebut di Kabupaten Trenggalek terdapat sekitar 160 dalang, 239 sinden, 98 sanggar karawitan, dan 178 pengrawit yang tergabung dalam Pepadi Trenggalek. "Ini merupakan salah satu tujuan untuk membangkitkan animo penonton terutama animo anak muda, mudah-mudahan dengan cara sedemikian ini nanti wayang bisa lestari lagi," ungkap Sunyoto. (Diskominfo Trenggalek)