Ikuti Upacara Adat Ngitung Batih, Mas Wabup Syah Berharap Tradisi Ini Bawa Keberkahan Untuk Masyarakat Dongko

berita

02 August 2022

437
Ikuti Upacara Adat Ngitung Batih, Mas Wabup Syah Berharap Tradisi Ini Bawa Keberkahan Untuk Masyarakat Dongko

Sempat digelar sederhana akibat pandemi Covid-19, tradisi upacara adat Ngitung Batih di Kecamatan Dongko kembali digelar meriah pada tahun 2022 ini.

Bahkan, Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhamad Nata Natanegara mengikuti seluruh rangkaian prosesi adat asli Kecamatan Dongko ini bersama tokoh masyarakat setempat, Sabtu (30/7/2022).

Dalam Bahasa Jawa, Ngitung Batih memiliki arti menghitung keluarga (batih). Diharapkan dengan berkumpulnya seluruh anggota keluarga ini dapat membawa keberkahan dan kemudahan dalam mencari rezeki.

Setiap tahun, Ngitung Batih dilaksanakan bertepatan dengan penanggalan tahun baru 1 Muharam atau 1 Suro oleh masyarakat Kecamatan Dongko.

 


 

Upacara diawali dengan kirab dayang-dayang yang membawa takir plontang (makanan dalam mangkuk daun). Serta tumpeng dari jalan raya Dongko menuju pendapa kecamatan.

Kemudian upacara dilanjutkan dengan murwakala dengan harapan doa bersama agar dijauhkan dari marabahaya. Lalu dayang-dayang yang juga mengisi rangkaian prosesi menjadi perwujudan dari anggota keluarga yang hadir.

"Semoga membawa berkah kepada semua masyarakat. Apa yang di cita-citakan dalam acara ini semoga tercapai," ungkapnya Wakil Bupati Trenggalek saat mengikuti upacara adat tersebut.

Apresiasi kepada masyarakat Dongko juga disampaikan oleh Wabup atas upayanya dalam melestarikan budaya yang turun temurun ini. Diskominfo Trenggalek