Kemensos Gandeng Dinsos P3A Kabupaten Trenggalek Berikan Bimtek SLRT

berita

19 September 2018

1810
Kemensos Gandeng Dinsos P3A Kabupaten Trenggalek Berikan Bimtek SLRT

Kementrian Sosial (Kemensos RI) melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial menggandeng Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Trenggalek menggelar Bimbingan Teknis Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) Tahun 2018 bagi fasilitator yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Trenggalek.  Bimtek yang dibuka oleh Wakil Bupati Trenggalek ini berlangsung di Aula Balai Benih Ikan Trenggalek, Rabu (19/9).

 

Wakil Bupati Trenggalek H.Moch Nur Arifin yang membuka acara ini mengatakan bahwa dalam pelayanan kemiskinan, Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian.  Peran serta masyarakat itu sendiri sangat dibutuhkan demi mempercepat pelayanan kemiskinan yang optimal.  Oleh karena itu dibentuklah tim relawan sebagai fasilitator yang membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat miskin.

 

"Yang kita urusi bareng-bareng ini nanti memastikan bahwa yang di data benar-benar tidak mampu, yang tidak mampu diluar data bisa terakomodir masuk data dengan caranya verifikasi dan segala macam," tutur Wakil Bupati Nur Arifin kepada peserta Bimtek SLRT.

 

Sementara itu Ahmad Abdullah, Capacity Building Koordinator Sekretariat Nasional SLRT yang menjadi mentor pada Bimtek ini mengatakan bahwa SLRT terintegrasi dengan sistem online menggunakan jaringan internet.  Bagi fasilitator itu disiapkan tablet yang berbasis android, sehingga data yang terbarukan itu disampaikan ke level kabupaten dan level provinsi itu menggunakan internet.  Diungkapkan oleh Ahmad Abdullah kesemuanya ini semata-mata untuk mempercepat proses pemutakhiran data kemiskinan.

 

"Jadi perputaran ini cepat sekali, kalau selama ini perbaikan data itu 3 tahun atau 4 tahun sekali sekarang diharapkan 6 bulan sekali akan lahir data baru.  Sehingga masyarakat miskin itu benar-benar bisa terlayani dengan cepat."  ungkapnya.

 

Dirinya juga mengapresiasi program GERTAK di Trenggalek yang dipandang sudah berhasil memberikan kemudahan bagi masyarakat miskin untuk menjangkau pelayanan dari pemerintah.  

 

"Saya menduga Trenggalek ini kalau memang tetap motivasinya seperti ini bisa jadi daerah rujukan nanti dan bisa untuk mengurangi kemiskinan dengan baik," imbuhnya. Diskominfo Trenggalek