Kolosrenggi Trenggalek, Ikut Meriahkan Internasional Mask Festival 2018 Solo

berita

27 October 2018

2063
Kolosrenggi Trenggalek, Ikut Meriahkan Internasional Mask Festival 2018 Solo

Kabupaten Trenggalek ikut ambil bagian dalam International Mask Festival (IMF) 2018 di Kota Solo, Jawa Tengah. Kolosrenggi, tari kreasi dari Kabupaten Trenggalek direncanakan akan tampil dan meriahkan festival topeng bertaraf internasional yang digelar kali kelima ini.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Drs. Sunyoto, MM., menuturkan keikutsertaan dinasnya dalam ajang IMF, untuk menunjukkan ke masyarakat Internasional keberadaan Trengalek sebagai penopang budaya Nusantara terutama seni topeng.

Meski tidak memiliki karya seni topeng khas, tetapi Trenggalek terus mengembangkan topeng sebagai properti tarian, terang Sekretaris Disparbud ini kepada Tim Humas Pemkab Trenggalek. 

Dalam festival ini, kita akan menampilkan Tari Kolosrenggi. Kolosrenggi merupakan tarian dengan topeng celeng (babi hutan) yang dipadukan dengan barongan (caplokan) dalam kesenian jaranan.

Ir. Joko Irianto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, menyebutkan bawasanya pihaknya memang telah mempersiapkan sebelumnya untuk bisa ikut memeriahkan festival topeng bertaraf internasional tersebut.

Ditambahkan olehnya, keikutsertaan tersebut merupakan bentuk upaya melestarikan, serta mengembangkan topeng sebagai bagian dari warisan kebudayaan Nusantara

Menurut Joko, Tari Kolo Srenggi mengisahkan tentang siluman celeng atau babi hutan yang merajai hutan di Kabupaten Trenggalek. Selain kuat dan lincah, hewan ini memiliki tubuh kebal dari senjata apapun.

Dengan kesaktian yang dimiliki, siluman celeng ini dapat berubah wujud untuk mengelabuhi lawannya. Namun berkat bantuan seorang kesatria, siluman celeng ini berhasil dikalahkan.

Sedangkan International Mask Festival kali ini akan digelar 26 dan 27 Oktober 2018, semua kegiatan akan dipusatkan di Prangwedanan Pura Mangkunegaran Solo, 

Jumat malam (26/10/2018), mulai pukul 19.00 Wib. akan ditampilkan pagelaran tari topeng dari segenap peserta baik dalam dan luar negeri.
Sunber : Humas Setda