Labuh Laut "Larung Sembonyo" Prigi Beach Carnival 2023

pariwisata

20 June 2023

1861
Labuh Laut

Tradisi Labuh Laut Larung Sembonyo di Kabupaten Trenggalek digelar semakin meriah dengan Prigi Beach Carnival 2023.

Tradisi upacara adat sedekah laut tumpeng agung ini menjadi wujud syukur masyarakat pesisir Teluk Prigi Kecamatan Watulimo atas tangkapan hasil laut yang melimpah.

Banyak rangkaian kegiatan menarik yang digelar untuk memeriahkan Larung Sembonyo dan Prigi Beach Carnival Tahun ini. Ada pertunjukan tari, lomba maskot carnival, fashion show, pasar malam & bazar rakyat, pagelaran wayang, limbukan.

Selain menjadi upaya pelestarian adat, Bupati Nur Arifin berharap event ini dapat mengungkit perekonomian di Kabupaten Trenggalek.

 


 

Kedepan diharapkan gelaran olahraga pantai juga bisa masuk dalam festival pantai ini, seperti standup paddle boarding, lomba balap perahu layar, dan olahraga pantai lainnya.

Mas Ipin juga menambahkan rangkaian kegiatan ini ke depan semakin didukung dengan infrastruktur yang ada, seperti Jalan Lintas Selatan, bandara di Kediri, serta akses exit jalan tol yang sampai di perbatasan Tulungagung.

"Jadi event seperti ini akan mengisi bahwa infratsruktur yang sudah dibangun untuk kemudian berdaya guna bermanfaat untuk masyarakat khususnya melalui event dan pertunjukan seperti ini," ungkap Mas Ipin.

 


 

Bupati muda ini menyebut jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Trenggalek hingga saat ini berada pada 500 ribu wisatawan, biasanya berada di angka 800 ribu pengunjung. Akan tetapi diharapkan dengan adanya dukungan infrastruktur dan event jumlah kunjungan wisatawan bisa ditargetkan hingga di atas 1 juta kunjungan.

"Harapannya dengan adanya event ini juga meningkatkan purchasing daripada masyarakat wisatawan karena event-nya di sini ada empat hari lebih lama dalam waktu lebih lama dan tentunya uang yang berputar di Trenggalek pun juga lebih banyak," jelas Mas Ipin. Diskominfo Trenggalek