Lantik 20 Pejabat Fungsional, Wabub Syah Ajak Dukung Sukseskan Program Desa Wisata

berita

28 August 2021

1331
Lantik 20 Pejabat Fungsional, Wabub Syah Ajak Dukung Sukseskan Program Desa Wisata

Wakil Bupati Trenggalek melantik 20 pejabat fungsional di lingkup Pemerintah Kabupaten Trenggalek. 20 pejabat yang baru dilantik merupakan jabatan fungsional guru dan tenaga kesehatan sebanyak 19 orang dan pejabat fungsional guru ahli utama sejumlah 1 orang, Kamis (26/8/2021).

Kepada pejabat fungsional yang baru dilantik, Wabup Syah mengajak untuk mendukung dan mensukseskan program desa wisata. Sebagai jabatan yang didasarkan pada keahlian dan keterampilan, kedepan pejabat fungsional tersebut diharapkan mampu mendukung program pembangunan tersebut di tengah masyarakat.

Pria yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Trenggalek ini menuturkan program desa wisata juga tertuang dalam 5 program prioritas RPJMD 2021-2026. Dimana program prioritas tersebut meliputi bidang ekonomi, pariwisata, desa, SDM kreatif, dan infrastruktur.

"Salah satu upaya dalam meningkatkan iklim pariwisata di Kabupaten Trenggalek adalah dengan mencanangkan program desa wisata. Bupati telah menunjuk 35 OPD sebagai pengampu 35 desa wisata," tutur Wabup Syah.

"Harapannya dalam jangka waktu 3 tahun ke depan sudah ada 100 desa wisata yang menjadi destinasi baru bagi wisatawan lokal maupun luar daerah," imbuhnya melengkapi.

Lebih lanjut, Wakil Bupati muda ini berpesan dalam pembangunan sektor pariwisata saat ini dituntut untuk menyesuaikan kondisi dan situasi di masa pandemi covid 19.

"Ini artinya kita harus mampu menciptakan suatu konsep kepariwisataan daerah tanpa mengurangi esensi dari pariwisata itu sendiri dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ungkapnya.

Wakil Bupati juga berharap program desa wisata mampu memunculkan efek domino berupa lahirnya SDM yang kreatif, baik dari masyarakat sekitar maupun dari ASN OPD pengampu desa wisata itu sendiri. Diskominfo Trenggalek