MALAM PUNCAK HARI JADI KE 825, MASYARAKAT TRENGGALEK DIHIBUR PAGELARAN WAYANG BABAT ALAS WONOMARTO

berita

03 September 2019

2567
MALAM PUNCAK HARI JADI KE 825, MASYARAKAT TRENGGALEK DIHIBUR PAGELARAN WAYANG BABAT ALAS WONOMARTO

Malam puncak peringatan Hari Jadi ke 825 Trenggalek, masyarakat dihibur pagelaran wayang semalam suntuk di Alun-alun, Sabtu (31/8). Ribuan masyarakat yang datang dari seluruh penjuru Trenggalek nampak memadati Alun-alun untuk menyaksikan pagelaran yang akan dibawakan oleh dalang kondang Ki Purbo Asmoro dengan lakon babat alas Wonomarto.

Pagelaran wayang semalam suntuk ini terselenggara berkat kerjasama antara Pemkab Trenggalek dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi ke 825 Trenggalek.

Turut hadir pada malam spesial ini Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bersama dengan Wakil Gubernur Jatim, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Forkopimda, Kepala OPD, dan beberapa tokoh masyarakat Trenggalek. Penyerahan wayang Brontoseno oleh Bupati Nur Arifin kepada Ki Dalang Purbo Asmoro menandai dimulainya pagelaran wayang kulit dimalam itu.

Dikisahkan Pandowo memiliki keinginan untuk merubah hutan belantara yang bernama Wonomarto untuk dibangun menjadi sebuah negara baru. Bimo menyanggupi untuk membangun demi kesejahteraan umat, tekad Pandowo telah bulad demi mewujudkan impian itu. Akan tetapi rintangan yang dihadapi ternyata di hutan itu terdapat penguasa berupa makhluk lain.
Tidak semudah yang dibayangkan Pandowo, proses membangun suatu negara benar-benar harus mempertimbangkan banyak hal. Namun dengan upaya keras, akhirnya berhasil dibangunlah sebuah negara baru yang semula hanya hutan belantara Wonomarto oleh Pandowo.

Dalam sambutannya, Bupati Trenggalek menyampaikan terimakasih kepada Pemeritah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim yang telah memberikan dukungannya dengan pagelaran wayang pada peringatan Hari Jadi ke 825 Trenggalek.

Lebih lanjut, Bupati Trenggalek juga mendoakan, di usianya yang ke 825 semoga Trenggalek semakin mendapatkan berkah dari Allah SWT dan masyarakatnya diberikan rezeki serta keberkahan.

"Saya mendoakan semuanya diberikan kesejahteraan, kelancaran rezeki, diberikan kelancaran juga kesehatan, sukses semuanya," tutur Bupati Nur Arifin disela sambutannya.
"Selamat Hari Jadi Trenggalek yang ke 825," imbuhnya melengkapi.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan CSR dari Bank Jatim Pusat kepada Pemkab Trenggalek yang diwakili Bupati. Bantuan tersebut diantaranya , 1 unit mobil pelayanan pajak daerah, 3 unit sepeda motor untuk operasional GERTAK, dan sarana prasarana fisheries cafe park. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)