Manfaatkan Program Taxi Alsintan, Petani Trenggalek Kini Bisa Memiliki Alat Pertanian Modern Secara Mandiri

berita

15 June 2022

125
Manfaatkan Program Taxi Alsintan, Petani Trenggalek Kini Bisa Memiliki Alat Pertanian Modern Secara Mandiri

Secara simbolis Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyerahkan Taxi Alsintan (Alat Mesin Pertanian) kepada sejumlah Kelompok Tani Trenggalek di Taman Agropark, Selasa (14/6/2022).

Taxi Alsintan merupakan program dari Kementerian Pertanian RI yang menghadirkan teknologi pertanian di tengah-tengah petani dan mengakselerasi pemulihan ekonomi di sektor pertanian.

Selain itu, program ini turut membantu menyediakan alat dan mesin pertanian (alsintan) secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitasi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menyerahkan alsintan ini, Bupati Nur Arifin berharap produktifitas petani di Kabupaten Trenggalek dapat terus meningkat seiring biaya produksi pertanian yang semakin murah dengan penggunaan teknologi.

"Ya ini program dari Kementerian, dimana konsepnya para Gapoktan ini kemudian memiliki alsintan secara mandiri difasilitasi oleh KUR," ungkap Bupati Nur Arifin.

Kenapa disebut Taxi, sehingga nanti petani ini juga tidak cuma berorientasi pada lahan saja tetapi kemudian mereka punya alat yang bisa disewakan.

"Jadi konsepnya seperti taxi itu maksudnya bisa di order oleh petani petani yang lain kalau butuh alsintan itu. Dan kita juga terimakasih karena salah satu vendornya ini juga produsen alsintan dalam negeri," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin ini menambahkan, "Mereka juga siap untuk memberikan teknikal asisten, sehingga ketemu alsintan yang bagus, ketemu dengan perbankan yang bisa memfasilitasi lewat KUR, terus kemudian Dinas Pertanian yang membina," imbuhnya.

"Sehingga harapannya nanti petani bisa memproduksi pertaniannya lebih produktif dan biaya yang lebih murah," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek