Mas Ipin & Mas Syah Ziarah Makam Leluhur Trenggalek

berita

01 September 2022

150
Mas Ipin & Mas Syah Ziarah Makam Leluhur Trenggalek

Menjadi tradisi rutin sebelum Hari Jadi Trenggalek, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin didampingi Wakil Bupati Syah Muhamad Natanegara bersama Forkopimda mengikuti ziarah leluhur, Selasa (30/8/2022).

Ziarah diawali dengan mengunjungi makam pertama di Makam Mbah Kawak Kelurahan Ngantru Kecamatan Trenggalek. Mbah Kawak sendiri dikenal sebagai tokoh syiar agama atau lebih dikenal dengan babat alas Trenggalek pada masa itu.

Selanjutnya dari makam Mbah Kawak, ziarah dilanjutkan menuju Makam Setono Gedong Kelurahan Ngantru. Di komplek makam tersebut terdapat makam Bupati pertama R. T. Soemo Truno dan saudaranya D. Jaja Negoro Bupati kedua Trenggalek serta orang tua Bupati Ponorogo R. T.A. Merto Diningrat.

 


 

Di area pemakaman ini juga dimakamkan Warok Suromenggolo yang dikenal luas kesenian Reog Ponorogo. Suromenggolo sendiri merupakan patih dari Bupati Ponorogo, R. T.A. Merto Diningrat. Karena setianya kepada bupatinya dia ikut dimakamkan di Trenggalek.

Lebih lanjut, giat ziarah leluhur di lanjutkan ke Makam Adipati Menaksopal, di Komplek Makam Bagong yang dikenal sebagai tokoh pahlawan pertanian di Trenggalek.

Dari makam Menaksopal, ziarah dilanjutkan ke makam Kanjeng Jimat di Kecamatan Pogalan. Lantas terakhir di komplek makam Astana Girimulyo di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan.

 


 

"Rutin kita berziarah ke makam leluhur, mengingat seluruh perjuangan beliau. Semoga kita bisa meneruskan di Hari Jadi 828 ini dan Trenggalek ibisa semakin baik," pungkas Bupati Arifin. Diskominfo Trenggalek