MASUKI TAHUN POLITIK, PEMKAB TRENGGALEK TEGASKAN ASN JUNJUNG TINGGI NETRALITAS

berita

25 January 2018

1718
MASUKI TAHUN POLITIK, PEMKAB TRENGGALEK TEGASKAN ASN JUNJUNG TINGGI NETRALITAS

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Trenggalek harus netral di tahun politik 2018 dan 2019, hal itu ditegaskan oleh Asisten I Sekda Trenggalek (Asda I) Sugeng Widodo, SH saat menyampaikan amanat Bupati Trenggalek pada apel bendera yang diikuti oleh seluruh ASN Pemkab Trenggalek pada 17 Januari 2018.

Pada awal tahun 2018 merupakan masa dimana bangsa Indonesia memasuki tahun politik, sebab ditahun 2018 ada 2 agenda besar politik di Indonesia. Digelarnya pemilihan Kepala Daerah di 171 daerah yang terdiri dari  17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota. Di tahun 2018 ini juga sudah dimulai tahapan pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 mendatang yang mana sudah dimulai dengan tahapan verifikasi partai politik.  Tentunya dengan berdekatannya 2 agenda besar politik ini mesti menjadi perhatian serius semua pihak termasuk jajaran ASN.

Terkait hal tersebut diatas Kementrian Pendayagunaan Paratur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menerbitkan surat per tanggal 27 Desember perihal netralitas bagi ASN pada pilkada, pilleg, dan pilpres di tahun 2019 yang sudah disampaikan kepada seluruh instansi untuk dijadikan pedoman. Dalam surat tersebut memberikan penekanan kepada seluruh ASN untuk mematuhi ketentuan perundang-undangan dengan memperhatikan apa yang harus dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan oleh ASN dalam menjunjung netralitas ASN.

Pada kesempatan yang sama Asda I Sugeng Widodo juga mengajak seluruh ASN merenungkan bahwa pada tahun ini merupakan momen yang tepat untuk merefleksi dan mengevaluasi apa yang sudah dilaksanakan di tahun 2017 yang lalu, dan atas dasar itu agar dijadikan sebagai dasar pijakan untuk ditahun 2018 ini untuk mengingkatkan  kinerja menjadi lebih baik. Mengingat tantangan kedepan yang semakin komplek seiring dengan tuntutan masyarakat yang semakin mengedepan, namun Asda I juga menegaskan bahwa hal tersebut dapat diatasi dengan tekad dan semangat bekerja serta dedikasi yang kuat. Diskominfo Trenggalek