MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN KAMPAK TAHUN 2019

berita

20 February 2019

2032
MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN KAMPAK TAHUN 2019

Dalam rangka peningkatan pembangunan Kecamatan Kampak di bidang fispra, ekonomi, sosial dan budaya, diadakan Musyawarah Perencanan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) yang dilaksanakan pada Selasa, 19 Pebruari 2019 mulai pukul  08.00 WIB bertempat di Aula Kecamatan Kampak serta dihadiri sekitar 150 orang.

Yang hadir dalam giat :
1. DPRD Kabupaten Trenggalek Dapil II
2. Bappedalitbang KabupatenTrenggalek
3. Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek
4. Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek
5. Dinas PUPR Kabupaten Trenggalek
6. Dinas Koperasi dan UM dan Perdagangan
7. Muspika Kecamatan Kampak
8. Kepala Instansi di Kecamatan Kampak
9. Kepala Desa se-Kecamatan Kampak
10. Ketua BPD se-Kecamatan Kampak
11. Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Mengawali sambutannya Camat Kampak, Drs. Hariyadi menyampaikan bahwa musrenbangcam ini adalah hasil perencanaan data dari Desa masing - masing mulai Bulan April s/d Juni yang ditetapkan dalam Musrenbangdes di bulan Nopember yang muncul di RKPdes. Ada beberapa hal yang menjadi prioritas pembangunan di Kecamatan Kampak, antara lain : jalan wisata Gua Ngerit Desa Senden menuju Kecamatan Watulimo akses jalannya perlu dipindahkan yang tidak melewati tanjakan yang terjal, dan perlu dilebarkan; direncanakan akses jalan Karangrejo - Buluroto - Munjungan dibuatkan jalan tembus dengan jarak 16 Km. 
Sumber air Nguncar yang dikelola oleh PDAM  dengan kapasitas  60 liter per detik pada musim hujan dan pada musim kemarau 30 liter per detik, saat ini bisa dimanfaatkan oleh 39 RT di Desa Karangrejo dan sekitarnya, lanjut beliau. Potensi Gua Ngerit  "Sepang Lestari" memiliki lahan 5 Ha yang dimanfaatkan masih 2 Ha,  dan perlu perbaikan sarana prasarana. Selain itu, tempat Wisata Air Terjun  "Njuruk Terbang" yang ada di wilayah Desa Karangrejo juga akan diperbaiki akses jalannya. Kerajinan kayu anak - anak muda yang kreatifitasnya sangat tinggi ada di Desa Sugikan dengan membuat kerajinan kayu dan juga dari paralon bekas.

Adapun dari perwakilan DPRD Kabupaten Trenggalek, Drs. Zainudin pada kesempatan ini menekankan ada empat item dalam Musrenbangcam yang perlu diperhatikan, yakni :
1. Kesamaan dan kebersamaan yang komitmen
2. Mengacu etos kerja lebih semangat dan yang harus diutamakan
3. Meningkatkan potensi supaya bisa berhasil
4. Orentasi dasar yang harus kita sikapi bersama

Sementara itu, Bappedalitbang menyampaikan tiga prioritas dari Musrenbangcam Kampak yakni :
1.Akses jalan Timahan
2.Akses jalan Karangrejo
3.Akses jalan Senden
Perencanaan penganggaran dengan memakai sistem perencanaan yang kosistensi, perencanaan yang valid yaitu dari sisi penganggaran dan sisi lokasi yang perlu didukung dan kordinasikan dengan OPD lain.

Selanjutnya Musrenbangcam ini dituangkan dalam rapat pleno di masing - masing bidang yaitu Bidang Fispra, Bidang Ekonomi dan Bidang Sosial Budaya. 
(Kecamatan Kampak)