PAWAI TA'ARUF GEBYAR SERIBU KETUPAT RAMAIKAN DESA NGLONGSOR TUGU

berita

05 July 2017

1739
PAWAI TA'ARUF GEBYAR SERIBU KETUPAT RAMAIKAN DESA NGLONGSOR TUGU

Pawai taaruf gebyar ketupat yang digelar di Desa Nglongsor Kecamatan Tugu disambut antusias oleh ribuan warga setempat. Pawai yang ditandai dengan gunungan tumpeng raksasa tersebut menyusuri jalur Kecamatan Tugu dan diberangkatkan langsung oleh Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Senin (3/7). Momen tersebut juga di manfaatkan oleh peserta pawai dengan menyuguhkan berbagai kesenian di 10 titik yang berbeda seperti Qasidah, Hadrah, Jaranan, Drumband, dan Barongsai.

 

Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1438H, peringatan Gebyar Ketupat kali ini diisi  dengan pembagian 1000 ketupat gratis yang disajikan oleh masing-masing rumah warga Desa Nglongsor. Warga yang hadir bisa menikmati sajian hidangan ketupat secara gratis dengan berbagai aneka lauk-pauk seperti sayur nangka muda dan opor ayam. Selain bertujuan menyambung silaturahmi sesama warga Trenggalek, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membangkitkan wisata religi yang ada di wilayah Kecamatan Tugu.  

 

Bupati Trenggalek dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras warga Desa Nglongsor yang dengan semangat gotong royong mempersiapkan pawai menjadi lebih meriah dari tahun sebelumnya. "Saya bangga sekali bahwa hari ini acaranya semakin besar semakin meriah dan yang lebih hebat lagi merupakan gotong royong para warga, semangat gotong royong inilah yang kita acungi jempol karena ini memang yang dibutuhkan di Trenggalek," ungkap Bupati.


"Gebyar ketupat ini adalah ajang untung menjalin silaturahmi untuk memberikan hiburan yang positif, untuk mendorong budaya yang baik untuk mendorong pariwisata di Trenggalek, menggerakkan perekonomian masyarakat dan masih banyak lagi manfaat-manfaat dari acara ini," ucapnya.

 

“Saya mewakili dari pemerintah kebupaten Trenggalek benar-benar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kepada warga dari Desa Nglongsor yang sudah partisipasi dan menjadikan acara ini sebagai kebanggaan bagi kabupaten Trenggalek," imbuhnya.

Usai memberangkatkan peserta pawai gebyar ketupat, Bupati Trenggalek beserta rombongan Muspika Kecamatan Tugu singgah pada salah satu rumah warga untuk menikmati sajian ketupat dan dilanjutkan dengan silaturahmi kepada tokoh agama dan masyarakat yang ada di Kecamatan Tugu. Diskominfo Trenggalek