Pemaparan dan Reviu Keterisian Bukti Dukung Pelaksanaan EPSS oleh Dinas Kesehatan PPKB & Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga

berita

17 July 2024

2651
Pemaparan dan Reviu Keterisian Bukti Dukung Pelaksanaan EPSS oleh Dinas Kesehatan PPKB & Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga

Hari ini Dinas Komunikasi dan Informatika bersama Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah didampingi oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Trenggalek memaparkan dan mereviu keterisian bukti dukung pelaksanaan EPSS oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana dan Dinas Pendidikan, Pemuda & Olahraga Kabupaten Trenggalek di Gedung Smart Center, Rabu (8/5/2024).

Sebelumnya sudah dilaksanakan pendampingan terhadap Dinkes PPKB dan Dikpora dalam pelaksanaan identifikasi dan pengisian bukti dukung. Sampai saat ini proses pengisian masih berjalan, dan tujuan reviu kali ini adalah untuk mengetahui sejauh mana progres dari OPD dalam mengisikan bukti dukungnya. Terus kita pantau pengisian bukti dukungnya, mengingat waktu tinggal 3 (tiga) minggu lagi sebelum pelaksanaan Penilaian Mandiri EPSS ini berakhir.
 


 

Pertemuan kali ini BPS mendampingi Dinas Kominfo dan Bappedalitbang untuk mereviu dan melengkapi data - data apa saja yang dibutuhkan guna kelengkapan pengisian indikator di domain EPSS. Di EPSS sendiri ada 5 domain, untuk domain 1, 2, dan 3 terkait dengan pengisian data oleh Produsen Data yang menjadi sampling dalam hal ini Dinkes PPKB dan Dikpora, sedangkan untuk domain 4 dan 5 itu lebih ke pengisian data tingkat Lembaga yaitu oleh Dinas Kominfo dan Bappedalitbang.

“Mudah – mudahan dengan adanya koordinasi awal kita bisa lebih cepat menyelesaikan, mengumpulkan dan lebih cepat memenuhi data yang dibutuhkan sehingga hasilnya lebih baik lagi. Karena itu, mohon Tim dari BPS bisa mendampingi kami untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kelengkapan data di domain 4 dan 5 kali ini”, ungkap Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Dwi Yuni Hartati, S.Sos.
 


Tim dari BPS juga berharap hasil dari penilaian EPSS tahun ini, akan sesuai dengan target dari Pemkab Trenggalek. Kami akan terus mendampingi Pemkab dalam melengkapi kebutuhan data untuk penilaian EPSS dan mengumpulkan list – list apa aja yang harus disiapkan guna memenuhi domain terakhir yaitu 4 dan 5. (Kominfo Trenggalek)