Pemaparan Hasil EPSS Serta Pembahasan Tindak Lanjut Hasil EPSS & Prinsip SDI

berita

13 February 2024

632
Pemaparan Hasil EPSS Serta Pembahasan Tindak Lanjut Hasil EPSS & Prinsip SDI

Halo #SobatData, hari ini Rabu 31 Januari 2023 Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek bersama BPS Kabupaten Trenggalek selaku Pembina Data, duduk bersama, ngobrol bareng membedah nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang merupakan hasil dari penilaian Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2023 di Kabupaten Trenggalek. Bertempat di Gedung Smart Center, kegiatan kita kali ini dihadiri langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Trenggalek, Emil Wahyudiono, S.ST., M.Si  bersama Tim. Kegiatan ini merupakan langkah awal kita di Tahun 2024 bersama BPS Kabupaten Trenggalek untuk menentukan recana aksi guna peningkatan kualitas penyeleggaraan statistik sektoral di Kabupaten Trenggalek.

Dalam kesempatan ini, Emil menyampaikan bahwa saat ini di BPS Kabupaten Trenggalek sudah dibentuk Tim Khusus yang menangani EPSS. Tim ini nantinya yang akan mendampingi Pemkab Trenggalek, khususnya Dinas Kominfo dalam pelaksanaan penyelenggaraan statistik sektoral. Berdasarkan hasil EPSS, nilai IPS Pemerintah Kabupaten Trenggalek Tahun 2023 masih dalam kategori Cukup.

 


“Harapannya dengan adanya Tim Khusus ini, kedepan kita bisa lebih aktif melengkapi bukti dukung. Memperbaiki apa-apa yang kurang di pelaksanaan Tahun 2023 kemarin, itu bisa kita dorong kegiatannya untuk meningkatkan nilai IPS di Tahun 2024”, lanjut Emil menegaskan.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Dwi Yuni Hartati, S.Sos menegaskan bahwa di Tahun 2024 ini OPD selaku Produsen Data akan lebih didorong untuk menghasilkan data sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia (SDI), melengkapi data statistik sektoral yang ada dengan mengajukan rekomendasi kegiatan statistik sektoral dan melaporkan metadatanya melalui aplikasi romantik online dan indah.bps.go.id. Hal ini merupakan kunci dari peningkatan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Trenggalek.

 


“Nilai IPS kita di Tahun 2023 ini masih dalam kategori Cukup. Kedepannya target kita di Tahun 2024 ini diharapkan bisa meningkat nilai IPS-nya dan masuk dalam kategori Baik, karena itu butuh support dukungan dari semua OPD selaku Produsen Data untuk bisa mewujudkan target ini”, demikian pungkas Dwi Yuni.

Ada beberapa catatan hasil dari diskusi kali ini yang tentunya bermuara pada komitmen kita bersama untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral. Dan #SobatData jangan lupa, kunjungi selalu satudata.trenggalekkab.go.id untuk mendapatkan data seputar Kabupaten Trenggalek. Salam Satu Data. Diskominfo Trenggalek