Aksi Kovergensi Bersama Untuk Turunkan Stunting di Kabupaten Trenggalek

berita

29 February 2024

544
Aksi Kovergensi Bersama Untuk Turunkan Stunting di Kabupaten Trenggalek

Salah satu upaya percepatan penurunan stunting yakni dengan memberikan pendampingan pada keluarga beresiko stunting oleh tim pendamping keluarga (TPK). Pelaksanaan pendampingan dengan melibatkan 563 TPK di Kabupaten Trenggalek.

Kegiatan ini diharapkan mampu mempercepat upaya penurunan stunting dengan mengedepankanedukasi, upaya pencegahan dan mengintegrasikan dengan layanan upaya kesehatan masyarakat dan perorangan sesuai sasaran pendampingan.

Selain itu pembekalan pendampingan kepada KRS (Keluarga Resiko Stunting) dengan mempersiapkan kompetensi dan tupoksi TPK dalam melakukan pendampingan. sehingga TPK mampu meningkatkan kapasitas dan pengetahuan terkait dengan percepatan penurunan stunting.

 


 

Analisa data cakupan layanan juga digunakan sebagai dasar penentuan Desa/Kelurahan lokasi lokus yang akan melaksanakan salah satu dari 8 (delapan) Aksi Konvergensi yakni analisa situasi dengan tujuan menganalisa sebaran prevalensi stunting basis desa dan kesenjangan cakupan layanan serta mengindentifikasi program kegiatan prioritas yang dibutuhkan untuk meningkatkan cakupan layanan pencegahan stunting.

Sasaran kegiatan Analisa Situasi Tahap 1 di Aula Dikpora Trenggalek ini adalah Bidan Koordinator KB, Bidan Koordinator KIA, Petugas Gizi, Petugas Kesehatan Lingkungan, Penanggung Jawab UKM Puskesmas, dan Penyuluh KB. Diskominfo Trenggalek