Pemkab Trenggalek dan Polres Trenggalek Sinergi Luncurkan Program Harmonis Mantap

inovasi

05 May 2021

15
Pemkab Trenggalek dan Polres Trenggalek Sinergi Luncurkan Program Harmonis Mantap

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin didampingi Kapolres Trenggalek dan Komandan Kodim 0806 menghadiri launching program inovasi Harapan Masyarakat Optimis untuk Hidup Sehat "Harmonis Mantap" di Aula Kantor Desa Bendorejo Pogalan, Senin (4/5/2021).

Program Harmonis Mantap merupakan bentuk kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Trenggalek bersama Polres Trenggalek guna mendorong kualitas kesehatan masyarakat dari sisi promotif dan preventif.

Dimana program ini nantinya akan dilakukan secara berkelanjutan secara keliling di seluruh desa dan kecamatan dengan memberikan pelayanan periksa kesehatan secara gratis, utamanya bagi warga lansia yang berumur 60 tahun ke atas.

"Hari ini kita bersama TNI Polri melaunching salah satu inovasi yang kita namakan Harmonis Mantap, yaitu satu program dimana kita mendorong sisi promotif preventif terhadap kesehatan," tutur Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Sehingga program Harmonis Mantap lebih mendorong sisi deteksi dini terkait resiko dan potensi kesehatan masyarakat dibandingkan dengan sisi pengobatan kuratif.

Bupati Nur Arifin juga berharap masyarakat yang telah diperiksa kesehatannya secara gratis dapat mengetahui kondisi terkini kesehatan serta resiko penyakit yang mungkin diderita.



Lalu, tim kesehatan dan dokter selanjutnya dapat memberikan nasehat guna merubah pola hidup menjadi lebih teratur. Baik dari segi konsumsi makanan, kegiatan atau rutinitas sehari-hari, maupun pola istirahat dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, apabila ditemukan penyakit diharapkan penyakit penyerta yang diderita bisa segera sembuh dan tidak semakin memburuk. Mengingat di Trenggalek saat ini tingkat kematian tertinggi diakibatkan penyakit komorbid seperti diabetes dan hipertensi yang disebabkan gaya hidup tidak sehat.

"Harapannya kedepan standar kualitas kesehatan di Trenggalek juga semakin baik. Ini nanti juga berseiring dengan program Keluarga Sehat yang beruntung dimana kita memberikan kartu keluarga sehat sebagai bentuk insenstif kepada keluarga prasejahtera yangmau melaksanakan gaya hidup lebih sehat," terang Bupati Nur Arifin.

Sementara itu disaat yang sama, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring berharap program Harmonis Mantap mampu ikut berkontribusi menekan kematian yang diakibatkan penyebaran Covid-19.

"Paling tidak sebelum mereka sakit, mereka sudah bisa mengantisipasi.  Dengan harapan mudah mudahan program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama menekan penyebaran Covid-19," jelas Kapolres.

Kemudian, Kapolres menyebut skema program ini akan dilakukan secara rutin, terutama masyarakat usia 60 tahun keatas. Supaya mereka mengetahui penyakit yang mereka sedang alami," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek