Pemkab Trenggalek Gelar Talk Show Tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan

berita

06 March 2019

1763
Pemkab Trenggalek Gelar Talk Show Tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan

Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui bappedalitbang menggelar Talk Show Tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan di Pendhapa Manggala Praja Nugraha. Selasa, (5/3). Bertemakan kelembagaan dan kerjasama, acara tersebut digelar dalam rangka konsolidasi tentang keberhasilan pembangunan pemerintah Desa serta Kabupaten. 

Tak tanggung-tanggung Kementerian Desa Pembanguan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, serta Direktur Jenderal Pembangunan Kawasan Pedesaan pun hadir dalam acara ini. Kedatangan Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Desa PDTT RI Anwar Sanusi, Ph.D bersama rombongan langsung disambut hangat oleh Plt. Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin beserta para jajaran OPD lingkup Pemkab Trenggalek.

Sebelum acara talk show dimulai, dilakukan penyerahan dokumen dan penandatanganan prasasti bantuan sarana dan prasarana oleh Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi, Ph.D. Penandatanganan prasasti tersebut meliputi prasasti rumah pajang, rumah pengolahan susu dan embung yang berlokasi dikawasan perdesaan di Kecamatan Bendungan.

Usai penandatangan, dalam sambutannya Anwar Sanusi, Ph.D mengatakan bahwa Desa dan Kawasan Perdesaan merupakan dua hal yang menopang satu sama lain yang tidak bisa dipisahkan. Menurutnya desa-desa yang berkembang memerlukan adanya kawasan yang akan menjadi penopang agar pertumbuhan desa tidak hanya ada diperdesaan semata.

"Mudah-mudahan prasasti-prasasti yang sudah saya tandangani tadi, setelah saya hibahkan kepada pak bupati dan beliau menyampaikan kepada masyarakat ini betul-betul akan menjadi sebuah alat istrumen bagi pengembangan kawasan perdesaan. Ucapnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan Trenggalek merupakan daerah yang memiliki banyak aneka potensi yang harus dikembangkan, menjadi sebuah kawasan seperti kawasan berbasis perkebunan ataupun berbasis pertanian yang bisa menopang perekonomian. 

"Yang kita kembangkan adalah dengan kondisi, tekstur alam yang seperti ini adalah desa wisata. Dengan nanti jika jalur selatan sudah terhubung dengan baik, saya rasa yang namanya potensi di Trenggalek ini akan tumbuh dan berkembang", Tegasnya

Sementara itu, Plt Bupati Trenggalek, H. Moch. Nur Arifin dikonfirmasi oleh awak media mengatakan dokumen perencanaan desa di Trenggalek sendiri sudah direview dan merujuk ke 5 kawasan pedesaan baru. Ke 5 wilayah yang dirujuk tersebut meliputi Kec. Durenan, Kec. Pule, Kec. Watulimo, Kec. Panggul dan Kec. Bendungan.

"Jadi nanti di kawasan-kawasan perdesaan ini kita bantuannya gelondongan, sehingga nanti potensinya lebih besar karna itu mengakulasi desa-desa keseluruhan". Terang Plt. Bupati Trenggalek.

Seusai acara Sekjen Kemendes PDTT RI beserta rombongan bersama bupati Trenggalek melakukan kunjungan di beberapa tempat di Kecamatan Bendungan. Lokasi yang dikunjungi meliputi Rumah Susu, Embung Surenlor dan Dilem Wilis. Diskominfo Trenggalek