Pemkab Trenggalek Peringati Hari Anak Nasional 2022

berita

16 August 2022

150
Pemkab Trenggalek Peringati Hari Anak Nasional 2022

Pemerintah Kabupaten Trenggalek peringati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022 di halaman parkir Pasar Pon Trenggalek, Selasa (2/8/2022).

Di Kabupaten Trenggalek peringatan HAN 2022 digelar selama 2 hari dan dimeriahkan dengan beragam kegiatan yang turut diikuti oleh kecamatan, lembaga pendidikan serta unsur masyarakat lainnya.

Peringatan HAN tahun ini ditingkat nasional mengambil tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Sedangkan di Trenggalek tema yang diambil yakni Bebaskan Anak Untuk Merdeka.

 


 

Membuka kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Trenggalek, Drs. Edy Soeprianto dalam sambutannya mengingatkan tentang pentingnya upaya perlindungan terhadap hak-hak anak.

Hal ini mengingat anak tidak bisa memperoleh hak-haknya secara sendiri. Sehingga peran orang tua sangat dibutuhkan agar dapat mendampingi dan memastikan hak para anak dapat terpenuhi dengan baik.

Edy menegaskan kehadiran anak sebagai generasi penerus bangsa akan menjadi penentu masa depan bangsa dimasa yang akan datang.

 


 

"Berbicara tentang anak, sudahkah kita mendampinginya, sudahkah kita memberikan pendampingan terhadap hak-haknya karena anak tidak bisa memperjuangkan haknya secara sendiri. Sehingga mereka harus dibantu," tutur Asda I Edy.

Disaat kewajiban anak sudah dilaksanakan, maka selanjutnya orang tua harus mampu memastikan anak mendapatkan pendampingan saat memperoleh haknya.

Lebih lanjut, alumni IPDN ini mengatakan Kabupaten Trenggalek juga memiliki Musrena Keren sebagai wujud partisipasi dari seluruh unsur masyarakat tidak terkecuali dari kaum perempuan, anak, dan kelompok rentan lainnya dalam pembangunan.

 


 

Disisi lain, Asda I Edy berharap dalam peringatan HAN 2022 ini dapat menjadi momentum bagi seluruh pihak agar dapat memastikan hak-hak anak di Kabupaten Trenggalek dapat terpenuhi dengan baik. Diskominfo Trenggalek