Pemkab Trenggalek Raih 2 Kategori Penghargaan STBM Award 2021

prestasi

15 October 2021

273
Pemkab Trenggalek Raih 2 Kategori Penghargaan STBM Award 2021

Dalam peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Pemerintah Kabupaten Trenggalek meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Award Tahun 2021 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jumat (15/10/2021).

Penghargaan diberikan atas upaya Pemkab Trenggalek dalam mendorong perilaku hidup bersih dan sehat serta kemampuan dalam melahirkan inovasi-inovasi baru berbasis 5 pilar STBM.

Ada 2 kategori STBM Award yang berhasil diraih Pemkab Trenggalek tahun ini, antara lain STBM Award kategori keberlanjutan dan kategori demand.

Penyerahan penghargaan berlangsung secara virtual dari masing-masing Kabupaten/Kota se Indonesia. Dalam acara tersebut, Kemenkes RI juga memberikan penghargaan kepada sanitarian terbaik dari kabupaten/kota yang telah ODF.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, dr.Saeroni, MMRS mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk kolaborasi yang baik antar OPD di Kabupaten Trenggalek.

"Di Kabupaten Trenggalek ini mendapatkan penghargaan khususnya untuk demand dalam STBM Award. Kategorinya adalah STBM berkelanjutan untuk kategori demand," ," jelas dr.Saeroni.

Mantan Direktur RSUD dr.Soedomo ini menyebut raihan penghargaan ini dapat diraih berkat upaya Pemkab yang terus memberikan edukasi secara masif kepada masyarakat untuk mendorong budaya hidup sehat.

"Tentunya kita memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya untuk buang air besar tidak sembarangan, terus kemudian ada cuci tangan, pangan sehat, lingkungan yang sehat itu juga termasuk," ungkapnya.

"Jadi terutama adalah demand sendiri, ada supply, dan enabling atau lingkungan," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek