PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2020 "PAHLAWANKU SEPANJANG MASA"

berita

11 November 2020

2541
PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2020

Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November mengingatkan kembali sejarah besar bagi bangsa Indonesia. Pertempuran melawan penjajah menjadi momentum paling bersejarah negeri ini demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Trenggalek memperingati hari bersejarah ini dengan menggelar Upacara Bendera di Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Selasa (10/11/2020).

Dalam amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Pjs. Bupati Trenggalek, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si, menjelaskan bahwa Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja.

Namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu ” Pahlawanku Sepanjang Masa".

Segala upaya yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi seluruh masyarakat untuk meneruskan perjuangan mereka.

Jika dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang bangsa ini tengah berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa. Diantaranya seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi covid-19 yang saat ini melanda seluruh dunia.

"Makna tentang kepahlawanan sekarang berbeda. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata sekarang berjuang melawan apa-apa yang menjadi permasalahan kita," tutur Pjs. Bupati Benny Sampirwanto.

Pria kelahiran Kota Kediri ini menambahkan peran pahlawan dimasa kini bisa dilakukan dengan bersama-sama mencegah penularan virus corona.

Terlebih akibat pandemi yang masih berlangsung, mengakibatkan ekonomi Indonesia mengalami penurunan dan kontraksi yang cukup signifikan.

"Para pahlawan saat ini adalah pahlawan bangsa bagaimana meningkatkan perekonomian kita," ungkapnya.

Pjs. Bupati Trenggalek juga mengajak untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini.

"Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia," pungkasnya.

Selepas upacara di Pendhapa, peringatan Hari Pahlawan di Trenggalek juga diisi dengan ziarah makam dan tabur bunga oleh para Forkopimda di Taman Makam Pahlawan Jarakan Karangsoko. Diskominfo Trenggalek