PLT.BUPATI KUKUHKAN PASUKAN QLUE UNTUK TANGANI LAPORAN MASYARAKAT

berita

16 April 2018

1700
PLT.BUPATI KUKUHKAN PASUKAN QLUE UNTUK TANGANI LAPORAN MASYARAKAT

Ingin mengakomodir laporan masyarakat secara lebih responsif, Plt.Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin kukuhkan pasukan Qlue. Seremonial pengukuhan pasukan tersebut dilakukan secara bersamaan dengan peluncuran aplikasi Qlue bagi masyarakat Trenggalek yang berlangsung di Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Kamis (12/4).

Pasukan Qlue ini berasal dari masing-masing OPD yang didalamnya memiliki sektor pelayanan secara langsung kepada masyarakat. Mereka sebelumnya telah digembleng pada saat pelatihan aplikasi selama 2 hari yang diadakan oleh Pt.Qlue untuk mengakomodir laporan yang bersumber langsung dari masyarakat.

Pasukan Qlue terdiri dari beberapa warna seragam yang dikenakan, tujuannya tidak lain adalah untuk mengenali dari OPD mana pasukan tersebut berasal saat melakukan tindaklanjut laporan yang masuk.  

Ada pasukan berseragam pink yang menangani laporan masalah kesosialan seperti kemiskinan dan sejenisnya, pasukan putih bergerak pada laporan masalah kesehatan, pasukan orange khusus menangani laporan masalah kebencanaan dan infrastruktur. Sementara itu pasukan kuning untuk laporan masalah kebersihan, pasukan biru masalah keamanan dan ketertiban, dan pasukan merah untuk masalah tindak lanjut dokumen publik seperti kependudukan, perijinan, dan sejenisnya.

Plt.Bupati mengharapkan dengan dibentuknya pasukan warna-warni tersebut, dapat memberikan respon cepat guna menindaklanjuti laporan yang bersumber dari masyarakat dengan menggunakan aplikasi Qlue yang bisa dibawa secara mobile.  

"Mereka sudah harus tahu jika ada indikator yang masuk ke hp mereka, nanti akan langsung datang menyelesaikan urusan, foto upload dan selesai. Nanti di office akan ada back keeper yang menyeleksi mana laporan yang hoax, mana laporan yang memang perlu ditindaklanjuti itu ada verifikatornya," harap Plt.Bupati. Diskominfo Trenggalek