Rakor Pengisian Kuesioner Quality Gate Kesiapan Tim Penilai Internal EPSS Tahun 2024

berita

17 July 2024

2609
Rakor Pengisian Kuesioner Quality Gate Kesiapan Tim Penilai Internal EPSS Tahun 2024

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek Melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Trenggalek di Gedung Smart Center, Kamis (18/04/2024).

Dalam rakor kali ini Dinas Kominfo menyampaikan progress pelaksanaan Kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024. Saat ini ada di tahap pengajuan Surat Keputusan Bupati terkait Tim Penilai Internal Penyelenggaraan Statistik Sektoral di Wilayah Kabupaten Trenggalek dimana SK tersebut sudah selesai disusun dan masuk di Bagian Hukum Setda untuk diproses lebih lanjut.

 


Tim Penilai Internal (TPI) dari Dinas Kominfo juga sudah melakukan pendaftaran admin aplikasi SIMBATIK guna pelaksanaan Penilaian Mandiri EPSS Tahun 2024. Hal ini sesuai dengan Time Schedule yang sebelumnya sudah disepakati oleh TPI dan BPS Kabupaten Trenggalek selaku Tim Penilai Badan (TPB).

Sementara itu, dari BPS menyampaikan tentang Pengisian Kuesioner Quality Gate Kesiapan Tim Penilai Internal EPSS Tahun 2024. Kuesioner yang harus diisi oleh Tim Penilai Internal ini, diperlukan guna  melihat sejauh mana progress dari Kabupaten/Kota dalam melaksanakan Kegiatan EPSS Tahun 2024.

 


Rakor dilanjutkan dengan pembahasan dan pengisian kuesioner serta diskusi terkait teknis pengisian indikator Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) oleh OPD dalam hal ini Disdikpora dan Dinkesdalduk & KB. Karena perlu disepakati teknisnya akan seperti apa, dokumen apa yang harus di upload dan lain sebagainya, agar nantinya saat mendampingi OPD-OPD kita sudah siap untuk menyampaikan apa saja yang harus dilaksanakan dan dipersiapkan, ungkap Dwi Yuni Hartati, S.Sos Kepala Bidang Statistik dan Persandian.

Lebih lanjut, Dwi Yuni juga menyampaikan bahwa kita sudah mencatat hasil dari diskusi kali ini, list - list apa saja yang harus disiapkan dan disampaikan kepada OPD terkait dalam pertemuan selanjutnya, yang rencananya akan dilakukan pada hari Senin mendatang.
“Alhamdulillah progress kita cepat, mudah-mudahan OPD bisa segera meng-upload bukti-bukti dukungnya dan nilai kita bisa lebih baik dari tahun kemarin, target nilai kita Baik yaitu 2,6. Mohon kepada BPS Kabupaten Trenggalek untuk terus mendampingi kita dalam penilaian EPSS tahun ini”, tutupnya. (Kominfo Trenggalek)