Pendampingan dan Pengumpulan Bukti Dukung EPSS Oleh Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Trenggalek

berita

17 July 2024

2613
Pendampingan dan Pengumpulan Bukti Dukung EPSS Oleh Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Trenggalek

Menindaklanjuti Rapat Koordinasi Pengisian Kuesioner Quality Gate Kesiapan Tim Penilai Internal EPSS Tahun 2024 yang dilaksanakan pada Kamis, 18 April 2024 kemarin, Dinas Kominfo kembali menggandeng BPS Kabupaten Trenggalek melakukan Pendampingan dan Pengumpulan Bukti Dukung Pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek (Dinkesdalduk & KB) di Gedung Smart Center, Selasa (23/4/2024).

Pertemuan kali ini dijadwalkan dengan Dinkesdalduk & KB terlebih dahulu, yang kemudian nanti akan dilanjutkan dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, keduanya merupakan OPD yang kegiatan statistik sektoralnya di samplingkan untuk dinilaikan melalui EPSS.

 


Tahun ini merupakan tahun pertama bagi Dinkesdalduk & KB untuk melakukan pengisian EPSS di aplikasi SIMBATIK, oleh karena itu perlu dilakukan pendampingan dalam pemenuhan kebutuhan dokumen dari awal. Pengisian juga harus sesuai matriks penilaian EPSS 2024 mulai dari pilihan tingkat kematangan, penjelasan tingkat kematangan dan lampiran dokumen pendukung.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Dwi Yuni Hartati, S.Sos menyampaikan bahwa tujuan pertemuan kali ini adalah melakukan pembahasan dan identifikasi per indikator, sehingga akan terpetakan data - data kelengkapan apa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pengisian EPSS ini. Kita diskusikan kita kupas per indikator, jadi dokumen - dokumen pendukung apa yang diperlukan bisa segera dipersiapkan. Dokumen ini mungkin tidak harus sama persis dengan yang dicontohkan saat entry meeting kemarin, akan tetapi dokumen yang diperlukan bisa menyesuaikan dengan dokumen yang sudah ada di OPD.

 


Selain itu Tim dari BPS Kabupaten Trenggalek, Farid Ma'ruf, S.ST, M.Si., juga menjelaskan bahwa target pelaksanaan EPSS adalah minimal keterisian 50% pada aplikasi SIMBATIK di tanggal 25 April besok. Oleh karena itu secara spesifik BPS menjelaskan ke Dinkesdalduk & KB terkait teknis pengisian, identifikasi data dukung yang diperlukan dan memberikan contoh-contoh dokumen yang harus di upload. Misalkan SK dan SOP, SK yang seperti apa, SOP apa dan dokumen lainnya. Dengan harapan target 50% keterisian dari Dinkesdalduk & KB bisa tercapai. (Kominfo Trenggalek)