RAPAT KOORDINASI TIM JURI LOMBA DESA 2018

berita

06 April 2018

1857
RAPAT KOORDINASI TIM JURI LOMBA DESA 2018

Tim juri penilaian Lomba Desa yang dibentuk oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Kabupaten Trenggalek lakukan rapat koordinasi guna mempersiapkan pelaksanaan penilaian administrasi di desa dan kelurahan yang masuk pada nominasi lomba desa tingkat kabupaten tahun 2018, Kamis (5/4). Rapat koordinasi tersebut berlangsung di aula pertemuan Dinas PMD dan diikuti oleh tim juri yang berasal dari beberapa OPD terkait.

Berdasarkan data hasil evaluasi yang sudah dikumpulkan oleh Dinas PMD dari beberapa desa, dari sebanyak 14 kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek mengerucut menjadi 3 desa yang masuk nominasi besar. Ketiga desa tersebut adalah Desa Ngetal Kecamatan Pogalan, Desa Watulimo Kecamatan Watulimo, Desa Pandean Kecamatan Durenan. Pada 16 April mendatang tim juri akan terjun langsung ke lapangan guna mencocokan data desa yang terkumpul apakah sesuai dengan kondisi riil di lapangan.

Perlombaan desa pada hakekatnya adalah salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas masyarakat, partisipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan swadaya gotong royong. Selain itu lomba desa juga dimaksudkan untuk mendorong dan juga memberi motivasi kepada Pemerintah Desa beserta masyarakatnya untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa. Poin yang dinilai oleh tim juri pada lomba desa mencakup 3 bidang yaitu pemerintahan desa, bidang kewilayahan, dan bidang kemasyarakatan.  

Usai dilakukan penilaian oleh tim juri, bagi 3 desa yang masuk nominasi tersebut akan diambil 1 desa yang terpilih menjadi juara lomba desa tingkat Kabupaten tahun 2018, yang selanjutnya akan mewakili Kabupaten Trenggalek untuk mengikuti pentas serupa yang lebih tinggi yaitu lomba desa tingkat Provinsi Jawa Timur. Diskominfo Trenggalek