Rilis Media Massa (Press Release) Kegiatan Matching Fund 2022

berita

20 December 2022

325
Rilis Media Massa (Press Release) Kegiatan Matching Fund 2022

Studi Banding Pemerintah Desa Wonocoyo dan BUMDes Randuwok Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek ke Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Matching Fund Kedaireka 2022.

Kota Yogyakarta merupakan salah satu destinasi percontohan bagi Pemerintah Kabupaten/Kota lain karena kemajuan Kota Yogyakarta dalam bidang pariwisata, kuliner, penataan kota, dan lainnya. Salah satu nya Desa Wonocoyo yang sedang melakukan peningkatan aktivitas Desa Proklim dengan mempertahankan kearifan lokal sebagai ciri khas Desa Wonocoyo, serta akan menguatkan sisi historis yang akan dibangun pada tahun 2023 sebagai Little Jogja.

 


 

Desa Wonocoyo memerlukan sumber referensi yang akan sangat bermanfaat dalam mewujudkan impian untuk menjadi kawasan yang menyerupai Kota Yogyakarta. Melalui Kegiatan kunjungan studi banding pada tanggal 10-11 Desember 2022, merupakan aksi nyata keseriusan Pemerintah Desa Wonocoyo bersama BUMDes Randuwok untuk memajukan pengembangan desa yang juga mendukung adanya aktivitas proklim.

Pada tanggal 10 Desember 2022 yang tepat jatuh pada hari Sabtu, Pemerintah Desa Wonocoyo dan BUMDes Randuwok mendapatkan fasilitas dari Program Matching Fund Kedaireka 2022 mengadakan kunjungan ke TPST 3R Nitikan, Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. TPST 3R Nitikan merupakan tempat pengelolaan sampah terpadu yang mengelola sampah organik dan anorganik. Sampah organik di TPST 3R Nitikan diolah menjadi pupuk organik padat dan cair yang diolah dengan mesin-mesin.

 


 

Bukan hanya kunjungan akan tetapi terdapat pemaparan materi dan berkesempatan untuk melihat mesin Prototype yang dijuluki Mesin Insenerator yang digunakan untuk mengolah sampah tanpa pilah. Dr. Tatag Lindu Bhakti, M.Eng yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut merupakan penemu mesin insenerator sampah. Melalui Dr. Tatag Lindu Bhakti, M.Eng memberikan pemahaman mengenai bagaimana pengolahan sampah menggunakan alat tersebut, dan harapannya dapat berguna dan digunakan oleh masyarakat Desa Wonocoyo dimasa depan.

Kunjungan studi banding selanjutnya (11/12/2022) dilaksanakan di Puri Mataram Resto dan Wahana Wisata yang semula merupakan lahan sawah. Puri Mataram merupakan lokasi seluas lebih dari empat hektar ini dikelola oleh BUMDes Tridadi Makmur yang diresmikan pada tahun 2018. Sekitar 50 penduduk desa di sekitar Puri Mataram bersama-sama mengelola tempat tersebut.

 

Pemerintah Desa Wonocoyo dan BUMDes Randuwok sangat antusias pada saat melakukan penjelajahan di kawasan Puri Mataram yang terdapat berbagai macam zona yaitu Taman Bunga, Becak Air, Taman Kelinci, Pasar Ndelik, Kandang Domba Merino, Taman Kaktus, dan Zona Ikan Tangkap dan Terapi Ikan.

Kesuksesan kegiatan studi banding ini dapat terwujud dengan adanya kolaborasi Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan Universitas Trunojoyo Madura yang berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Wonocoyo serta BUMDes Randuwok melalui Program Matching Fund Kedaireka 2022. Diskominfo Trenggalek